Liputan Debat Terbuka Calvinisme, Apakah Alkitabiah ?

Internasional / 27 August 2012

Kalangan Sendiri

Liputan Debat Terbuka Calvinisme, Apakah Alkitabiah ?

Budhi Marpaung Official Writer
9779

Debat terbuka dengan tema ‘Calvinisme Apakah Alkitabiah ?’ diselenggarakan Sekolah Tinggi Theologia Graphe (STT Fundamental) di Gedung STT Fundamental, Jalan Danau Agung 2 No. 7, Blok D1A, Sunter Agung, pada Jumat (24/8) lalu.

Acara yang memperdebatkan mengenai dua poin Calvinisme ini menghadirkan dua pihak yakni dari pihak Calvinis (selaku yang pro) diwakili oleh Pdt Budi Asali, M.Div dan Pdt. Esra Alfred Soru, S.Th., M.Pdk dan pihak Baptis Independen (selaku kontra) diwakili oleh Dr. dr. Steven E. Liauw, S.Ked., M.Div., D.R.E., Th.D, dan Ev. dr. Andrew M. Liauw, S.Ked., M.Div.

Adapun kedua poin Calvinisme yang dijadikan sebagai topik perdebatan adalah Unconditional Election (Pemilihan yang tidak bersyarat) dan Perseverence of The Saints (Ketekunan orang-orang kudus).

Seperti diketahui, para Calvinis memercayai bahwa dari sebelumnya Allah sudah menetapkan orang-orang tertentu untuk masuk ke surga dan orang yang lain untuk binasa/ masuk neraka dan mereka meyakini bahwa orang Kristen tidak mungkin kehilangan keselamatannya.  

Kedua hal inilah yang menjadi pokok pertentangan pihak kontra dalam acara yang dimoderatori oleh Ir. P. Jimmy Theja, MBA tersebut.

Mengingat debat adalah debat ilmiah maka panitia pun membagi kedua poin itu ke dalam dua sesi.

Seperti pada umumnya, acara debat yang mempertemukan para teolog Kristen berlangsung seru dan panas terutama saat masing-masing pihak melakukan sanggahan-sanggahan.

Meski menampilkan adu silang argumentasi, tetapi Dr. Suhento Liauw selaku Rektor STT Graphe dan tuan rumah kegiatan menolak mengatakan bahwa acara tersebut adalah acara debat. 

“Kita disini bukan untuk berdebat, melainkan membahas teologi yang kita yakini. Ini adalah pertemuan yang indah dimana masing-masing kita, mempertanggungjawab-kan apa yang kita yakini,” ujarnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 08:30 WIB ini akhirnya berakhir tepat pukul 17:00 WIB dengan doa penutup yang dipimpin langsung oleh Dr. Suhento Liauw.

Baca juga : 

Mengapa Mujizat Belum Terjadi ?

Forum JC : Apakah berdoa saja cukup ? 

Menjauh Dari Pasangan Sementara Waktu

Tuhan Saya Beriman Kepada-Mu

Sumber : Jawaban.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami