Matahari Vampir, Mengambil Energi Bintang Lainnya

Nasional / 21 August 2012

Kalangan Sendiri

Matahari Vampir, Mengambil Energi Bintang Lainnya

Lois Official Writer
3784

Alam semesta terdiri dari berbagai benda-benda langit dengan keunikannya sendiri. Ada berjuta-juta planet dan bintang yang diciptakan Tuhan, namun setiap benda langit itu bisa sangat berbeda dari yang lain. Contohnya adalah matahari yang baru-baru ini ditemukan oleh ilmuwan. Matahari yang dikenal sebagai O-type ini mempunyai temperature yang sangat tinggi, sangat berat serta sangat terang. “Bintang ini benar-benar raksasa,” kata Hugues Sana, Universitas Amsterdam, Belanda yang memimpin penelitian.

“Bintang ini mempunyai massa lebih berat 15 kali daripada matahari bumi dan bisa jutaan kali lebih terang daripada matahari. Bintang ini juga sangat panas dan bersinar dengan cahaya biru keputihan dengan panas permukaannya mencapai 30.000 celsius.” tambahnya lagi. Ada 71 bintang-bintang lain yang berdekatan dengan tipe yang sama yaitu O-type.

Apa yang menarik dari bintang-bintang ini? Para peneliti menemukan bahwa setiap bintang dapat menjadi ‘vampir’ dan menyedot energi dari bintang lainnya. Bintang-bintang ini seperti mengambil kehidupan dari sekitarnya. Kekuatan radiasi mereka sangat bercahaya dan mengeluarkan cahaya gamma, cahaya yang paling energi di seluruh dunia.

“Jika ada dua bintang yang orbitnya berdekatan, mereka bisa saja bergabung. Namun, bila tidak, satu bintang akan menarik cahaya tetangganya,” kata Selma de Mink, salah satu peneliti di sana. Sampai saat ini, mereka belum bisa menjelaskan seberapa merugikan atau sudah seberapa tua bintang-bintang itu.

Bintang / matahari vampir ini memang penemuan yang lumayan mencengangkan. Tidak seperti matahari di bumi yang berwarna merah keemasan, matahari ini berwarna biru dengan cahaya yang begitu menyilaukan. Masih banyak rahasia semesta yang belum kita ketahui, betapa luar biasanya Pencipta yang membuat itu semua.

 

Baca Juga :

Tidak Mudik Lebaran, Apa yang Harus Dilakukan

Tanah Surga, Katanya Kisah Nasionalisme di Perbatasan

Temukan Dirimu, Blog yang Sangat Menginspirasi

Sumber : dailymail by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami