Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik
Sumber: Hipwee

News / 18 August 2012

Kalangan Sendiri

Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Contasia Christie Official Writer
300

Perjalanan mudik atau pulang kampung saat hari raya tentu tidak bisa lepas dari perjalanan jauh baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti bus, kereta dan pesawat terbang. Namun dari serunya pulang kampung, ada satu hal yang sering merusak suasana, hal itu adalah mabuk perjalanan atau motion sickness.

Apa sih mabuk perjalanan itu?

Menurut keterangan yang ditulis oleh Dr. Handrawan Nadesul dalam bukunya “Dari Balik Kamar Praktik Dokter,” mabuk perjalanan sangat dipengaruhi oleh faktor psikologis. Karena mabuk perjalanan erat hubungannya dengan otak bagian sistem limbik atau otak bagian pusat emosi.

Berdasarkan keterangan yang dirilis oleh Dr. Handrawan, seorang dokter ahli tehnik, dan juga ilmuwan NASA Bryant Cramer melakukan penelitian khusus tentang mabuk perjalanan ini. Dr Cramer menemukan bahwa mabuk perjalanan disebabkan oleh rangsangan berlebihan pada alat keseimbangan tubuh di dalam telinga. Keadaan tersebut menimbulkan rasa mual dan mabuk.

Teori lainnya adalah terjadinya konflik perasaan pada penumpang kendaraan. Jika kecepatan gerak kendaraan berubah secara mendadak tanpa persiapan khusus. Akibatnya si penumpang akan mengalami konflik perasaan, sedangkan si sopir tidak karena sopir telah siap ketika mengerem mendadak ataupun saat mengalami guncangan.

Cara mengatasinya

Pertama, cara paling mudah biasanya seseorang yang akan melakukan perjalanan jauh seperti mudik atau pulang kampung akan mengkonsumsi obat anti mabuk. Namun minum obat tidaklah mengobati kebiasaan mabuk perjalanan, untuk itu cara lainnya adalah dengan membiasakan diri berkendara.

Kedua, ketika menggunakan kendaraan umum pilihlah tempat duduk yang paling kecil mengalami goncangan, biasanya di bagian depan atau di dekat sopir. Hindari duduk di bangku paling belakang. Bahkan jika bisa duduklah di dekat jendela sehingga Anda bisa mengalihkan perhatian untuk melihat pemandangan selama perjalanan.

Ketiga, usahakan untuk tetap santai selama perjalanan. Perasaan cemas dan takut hanya akan menambah kuat sugesti Anda. Dengan duduk santai, Anda juga bisa cepat beradaptasi ketika guncangan terjadi. Hal ini mengurangi rasa mual yang mungkin terjadi.

Yang terakhir, pastikan kondisi tubuh Anda fit selama perjalanan. Kondisi tubuh yang prima akan membuat perjalanan Anda menyenangkan. Selain itu jangan lupa untuk banyak minum air putih, hindari kopi atau teh, karena minuman tersebut akan merangsang asam lambung dan dapat menyebabkan rasa mual. Akhir kata, selamat menikmati liburan hari raya Idul Fitri dan juga mohon maaf lahir batin dari segenap redaksi Jawaban.com.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami