Agar Tidak Mabuk Selama Mudik

Fit & Charming / 17 August 2012

Kalangan Sendiri

Agar Tidak Mabuk Selama Mudik

Lois Official Writer
3795

Mabuk perjalanan sungguh meresahkan, tubuh terasa tidak enak dan segalanya jadi tidak nyaman. Apalagi jika dihimpit oleh banyak orang, perjalanan yang lambat / macet, dan jalanan yang tidak mulus. Untuk mencegah itu semua, tentunya ada persiapan yang perlu dilakukan. Tubuh bisa fit selama mudik jika :

Perhatikan Makanan Anda Sebelum Bepergian

Sebelum berangkat, perhatikan sungguh-sungguh apa yang Anda makan. Hindari makanan atau minuman yang dapat membuat perut Anda mual, makanan yag berat, makanan pedas, makanan beraroma keras, dan makanan yang kaya lemak. Karena perut yang penuh memudahkan Anda mual dan muntah. Berhentilah makan besar satu jam sebelum berangkat dan minumlah obat anti mabuk.

Pilih Tempat yang Paling Stabil

Bila Anda menumpang kapal, kabin tengah bagian bawah lebih stabil dibandingkan kabin yang lebih tinggi. Ketika naik pesawat, pilihlah tempat duduk di sekitar sayap karena bagian itulah yang paling tenang gerakannya. Jika naik kendaraan darat, duduklah di jok depan agar bisa melihat jalan di depan dan tidak terpaku pada goyangan mobil.

Pandanglah Kejauhan

Saat Anda sudah duduk, fokuskan pandangan Anda pada sebuah titik stabil yang jauh dari kendaraan Anda. Pandanglah ke cakrawala sejauh yang dapat Anda lihat.

Jangan Membaca

Membaca membuat pandangan Anda berpindah-pindah, tidak terpaku pada satu titik. Tubuh merespon gerakan-gerakan Anda sehingga terlalu banyak sensasi yang dikirimkan ke otak Anda. Jadi, daripada membaca lebih baik mendengarkan musik.

Bersikaplah Santai

Kecemasan justru akan memicu rasa mual, jadi lebih baik berusahalah santai. Ketika ada tanda-tanda awal, ambillah nafas dalam-dalam, tutup mata, dan tanamkan pemikiran bahwa Anda tidak akan mengalami mabuk. Pikirkan hal-hal lain yang indah.

Jauhi Orang Lain yang Mabuk

Ketika melihat orang yang mabuk perjalanan, kita juga bisa tertular. Karena itu, jangan berada di dekat mereka yang kelihatannya tidak sehat. Jika pun terpaksa karena tempat duduknya sudah ditentukan seperti dalam pesawat, maka cobalah mengalihkan perhatian pada cakrawala maupun musik.

Tubuh yang sehat dan tidur yang cukup juga membantu Anda agar tidak mabuk selama dalam perjalanan. Jangan lupa untuk menyediakan minyak angin ataupun hal-hal lain yang Anda butuhkan selama mudik.

 

Baca Juga :

Resep Ketupat Sayur Menjelang Lebaran

Menikmati Tuaian di Masa Tua

Dari Sahabat Jadi Pasangan Hidup

Sumber : majalahkesehatan.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami