Terkait Kasus Century, KPK Harus Periksa SBY

Nasional / 14 August 2012

Kalangan Sendiri

Terkait Kasus Century, KPK Harus Periksa SBY

Lois Official Writer
2766

Pada 2008, SBY menegaskan bahwa pemerintah tak cepat menyelamatkan bank Century melalui [kamus]bailout[/kamus] Rp 6,7 triliun dapat berisiko menyebabkan krisis, kemungkinan besar Indonesia kembali mengalami krisis seperti tahun 1998. Hal ini diungkapkannya pada Jumat (10/8) lalu di kantor Pusat BRI Jakarta dalam rapat terbatas setelah kesaksian mantan Ketua KPK Antasari Azhar.

Terkait hal itu, tim Pengawas Kasus Skandal Bank Century di DPR RI mendesak KPK segera memanggil dan memeriksa SBY. “Dengan demikian, itu bisa dimaknai sebagai pengakuan bahwa SBY memang tahu dan terlibat langsung dalam merumuskan kebijakan penyelamatan bank bermasalah tersebut,” tegas Anggota Timwas Century DPR, Bambang Soesatyo di Jakarta, Minggu (12/8) lalu. Ditambah lagi Antasari pernah mengungkapkan SBY memimpin rapat yang membahas skenario pencairan dana itu sehingga fakta yang diungkapkan Antasari ini sesuai dengan pernyataan Presiden belakangan ini.

Karena itu, Bambang Soesatyo menilai, pernyataan itu mencerminkan sikap dan pendirian SBY terhadap kondisi Bank Century dimana dengan melakukan bailout tidak akan berkonsekuensi pada biaya politik. “Namun, dengan syarat tidak dilatarbelakangi rekayasa dan penyalahgunaan wewenang untuk menguntungkan pihak lain. Bailout juga tidak menimbulkan kerugian negara, apabila tidak ada rekayasa,” tegasnya. Sayangnya, bailout Century menimbulkan biaya politik yang tinggi karena sarat rekayasa, penyalahgunaan wewenang, dan merugikan negara.

“Kalau presiden sudah mengakui peran dan keterlibatannya, KPK harus segera memanggil dan mendengarkan kesaksiannya, juga kesaksian dari semua pejabat negara yang hadir pada rapat yang dipimpin presiden itu,” tegas Bambang. Sebelumnya, para pembantu SBY ramai-ramai membantah bahkan menuduh Antasari berbohong kalau rapat 9 Oktober 2008 silam tak pernah membahas bailout Century.

Bagaimana tindakan yang akan diambil KPK dalam menghadapi pernyataan SBY ini? Apakah bailout yang dilakukan memang salah? Ataukah SBY benar-benar tidak terlibat dalam kasus Century, semuanya kita tunggu kelanjutannya.

 

Baca Juga :

Resep Ketupat Sayur Menjelang Lebaran

Dari Sahabat Jadi Pasangan Hidup

Menikmati Tuaian di Masa Tua

Sumber : tribunnews by loishoriyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami