Kalahkan Brasil 1-2, Meksiko Raih Emas Olimpiade

Nasional / 12 August 2012

Kalangan Sendiri

Kalahkan Brasil 1-2, Meksiko Raih Emas Olimpiade

daniel.tanamal Official Writer
3020

Sebuah kejutan besar dan sejarah manis diciptakan oleh timnas U-23 Meksiko setelah pada final sepakbola putra Olimpiade 2012 London di Wembley, Sabtu (11/8/2012) mengalahkan favorit juara Brasil dengan skor 1-2. Meksiko pun berhak atas medali emas yang merupakan emas pertama bagi sejarah sepakbola Meksiko.

Meksiko langsung menggebrak di menit awal babak pertama lewat gol Oribe Peralta yang mendapat umpan dari Javier Aquino akibat kesalahan back-pass pemian bertahan Brasil. Dengan ketenangan diri, Peralta mengecoh kiper Gabriel dan melesakan gol pertama di pertandingan ini. Meksiko unggul cepat 0-1.

Brasil pun langsung mengambil inisiatif menyerang melalui umpan pendek yang berbahaya dan diperagakan oleh seluruh gelandang mereka. Sejumlah peluang emas gagal mereka ciptakan akibat kekurangtenangan barisan penyerang mereka yang diisi oleh Oscar dan Neymar. Meksiko sendiri ikut menciptakan beberapa peluang melalui serangan balik cepat Javier Aquino, Jorge Enriquez dan Diego Reyes. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Meksiko 0-1.

Dibabak kedua Brasil terus menggempur pertahanan Meksiko. Namun jala Meksiko tetap tidak dapat tertembus oleh serangan tajam yang terus dilancarkan Brasil. Malah menit ke-75, Peralta kembali membobol gawang Brasil usai menyundul bola hasil tendangan bebas Marco Fabian. Gol ini melecut mental Brasil yang terus menekan. Hingga gol yang mereka tunggu-tunggu akhirnya tercipta juga kala Hulk memperkecil keunggulan menjadi 1-2 di menit ke--90+1. namun selang beberapa saat kemudian, wasit meniup peluit panjang, dan Meksiko berhasil menggondol emas sepakbola pertama mereka.

Susunan pemain
Brasil:
1-Gabriel; 2-Rafael (7-Lucas Moura 85), 3-Thiago Silva, 4-Juan Jesus, 6-Marcelo, 8-Romulo, 15-Alex Sandro (12-Hulk 32); 5-Sandro (17-Alexandre Pato 71), 10-Oscar; 9-Leandro Damiao, 11-Neymar

Pelatih:
Mano Menezes

Meksiko:
1-Jose Corona; 2-Israel Jimenez (15-Nestor Vidrio 81), 3-Carlos Salcido, 4-Hiram Mier, 5-Darvin Chavez, 13-Diego Reyes; 6-Hector Herrera, 11-Javier Aquino (16-Miguel Ponce 57), 14-Jorge Enriquez; 8-Marco Fabian, 9-Oribe Peralta (12-Raul Jiménez 85)

Pelatih:
Tena Luis Fernando

Wasit:
Mark Clattenburg

 

Baca Juga :

Nadia Vega : Jika Bersalah Pelaku Bullying Harus Dihukum

Inspirasi Kegagalan Michael Jordan


Sumber : Jawaban.com - Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami