Manila Lumpuh Akibat Banjir, 50 Meninggal

Nasional / 8 August 2012

Kalangan Sendiri

Manila Lumpuh Akibat Banjir, 50 Meninggal

Lois Official Writer
2553

Seperti yang diberitakan BBC, Selasa (7/8), ada sedikitnya delapan korban yang tewas dan berasal dari satu keluarga yang tertimpa longsor di Quezon City, Manila, Filipina. Longsor itu terjadi akibat banjir yang disebabkan topan Saola. Ratusan ribu warga terpaksa mengungsi saat banjir di beberapa tempat mencapai leher orang dewasa.

Hingga saat ini, ada lebih dari 50 orang dalam sepekan terakhir yang meninggal dunia. Menurut Dewan Penanganan dan Pencegahan Resiko Bencana Nasional Filipina, hujan telah berlangsung tanpa henti selama lebih dari 24 jam terakhir. Petugas badan cuaca setempat juga memperingatkan situasi akan semakin memburuk menyusul meluapnya bendungan La Mesa, penyimpan cadangan air Manila.

Dan kelihatannya badai Tropis Haikui pun memperparah situasi. Diperkirakan badai tersebut tengah menuju Filipina dari Taiwan. Sekolah, perkantoran terpaksa ditutup. Bursa saham juga bahkan tidak beroperasi. Jalan-jalan utama digenangi air, membuat akses terblokir. Setidaknya ada 800.000 orang terkena dampak banjir, 250.000 orang mengungsi dari rumah mereka, ada yang terjebak dan tidak bisa mengungsi. Saat ini, pemerintah Manila telah menyiapkan 18.600 pusat evakuasi.

Situasi ini cukup parah dan kita berharap tidak bertambah parah. Hujan yang terus menerus juga masalah utama di Jakarta karena pada saat hujan tak berhenti juga, maka Jakarta dikuatirkan akan banjir. Hal ini membuat kita harus lebih memperhatikan lingkungan dan menjaga daerah tempat tinggal kita.

 

Baca Juga :

Tak Kuatir Meski Pembantu Mudik Ala Pongky Barata

Sate Puting Susu, Makanan Khas Berbuka Puasa di Bali

Dapatkan CD Hip Hop The Messenger yang Positif Sekarang Juga

Sumber : vivanews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami