Memenangkan Jiwa, Memerlukan Kerendahan Hati Dan Melangkah!

Entrepreneurship / 8 August 2012

Kalangan Sendiri

Memenangkan Jiwa, Memerlukan Kerendahan Hati Dan Melangkah!

Hot Triany Nadapdap Official Writer
4995

Yohannes Sudarmadji-Gembala Gereja Bandung City Blessing (Mitra Jala CBN)

"Gereja kami menjadi Mitra Gereja CBN sejak tahun 2002, dimana secara teknis kami mendapatkan input data dari CBN untuk daftar jiwa-jiwa yang perlu di-follow up. Bagi saya, Mitra Jala merupakan perpanjangan tangan dalam mengaktifkan fungsi gereja. Malah saya bersyukur untuk kesempatan mengejar dan memenangkan jiwa, kemudian menjadikannya mata rantai yang menghidupkan kembali pelayanan.

Ketika gereja kami menerima jiwa-jiwa yang akan kami follow up, kami menerimanya sebagai hal yang memang harus dilakukan. Kami hanya berpikir bahwa orang yang bersedia merendahkan hati untuk melangkahkan kaki dalam memenangkan jiwa memang terbatas, tetapi bagi kami hal itu tidak jadi masalah. Puji Tuhan sejauh ini kami masih bisa menangani jiwa-jiwa yang diberikan CBN. Walau mereka tidak harus berjemaat di gereja kami, karena yang penting jiwa ini ditangani dan dikenalkan kepada Yesus, setelah itu kita salurkan kepada gereja-gereja yang jaraknya cukup dekat untuk dapat dilayani. Hal itu jauh lebih penting dari pada semata-mata, kami hanya menambah jiwa. Kami percaya, untuk jiwa di gereja kami sendiri, Tuhan yang akan memberikan takaran berapa banyak yang dapat kami layani. Jadi kami tidak terlalu “ngoyo” untuk hal itu, tapi berfokus pada bagaimana jiwa dikenalkan kepada Yesus dan didewasakan.

Menangani jiwa yang jauh tempat tinggalnya seperti di Bandung Timur, Subang, Padalarang, kita berkoordinasi dengan hamba Tuhan yang terdekat dengan daerah tersebut. Kolega tersebut kami dapatkan, karena kamu juga fasilitator di lembaga jaringan doa sehingga kami memiliki koneksi dengan mereka. Sebisa mungkin, kami selalu membantu responden semampu kami, mulai dari mencari tempat tinggal, pekerjaan, dan lain sebagainya yang dibutuhkan. Memastikan mereka bertumbuh dalam pengetahuan kebenaran firman, mereka harus memahami konsep pemuridan yang memperkenalkan tentang 5 jaminan, di dalam kelompok sehingga mereka dapat bertumbuh bersama.

Kami selalu mengingatkan mereka, bahwa Tuhan punya firman yang sanggup menjadikan yang tidak ada menjadi ada (Roma 4:17; Yohanes 1:1-3). Sehingga yang pertama kami arahkan adalah hatinya, bahwa mengenal Tuhan bukan berbicara tentang kebutuhan saja. Kalau orang hatinya tertata dan kenal Tuhan, uang itu akan datang dengan sendirinya. Kami bawa setiap mereka ke sana supaya mereka dewasa. Galatia 4:1 mengatakan, walaupun orang dapat janji, tapi kalau dia tidak dewasa sama saja seperti budak karena tidak punya hak atau kuasa untuk bisa mendapatkan, tapi kalau sudah didewasakan dan dididik dengan firman, biasanya akan mengalami kemajuan.

Memenangkan jiwa memang cukup menyita waktu, tenaga dan penuh pengalaman unik. Bagi kami, hal ini tidak jadi masalah karena yang namanya pelayanan kita kerjakan semampu kita. Bila mereka datang kepada kita dengan motivasi lain, bukan bagian kita men-judge mereka, tapi kewajiban kita agar dia memiliki cara pandang yang benar. Saya pikir, dalam hal ini harus hati yang bekerja. Kalau mau egois kita bina saja orang-orang yang gampang dan mau memberi hati, memberi diri, bukan yang aneh-aneh. Tapi visi memenangkan kota, harus dikerjakan dengan mulai melakukan langkah-langkah kongkrit. Sebelum mengubah kota, harus mengubah 1 atau 2 orang, dari lingkungan kecil, keluarga, dan dari gereja, kalau tidak omong kosong kalau kita mau menjangkau bangsa yang begitu besar.

Banyak tantangan dalam melakukan hal ini, tapi siapakah kita? Sudah order dari Tuhan untuk saya agar tidak bosan-bosan mengerjakannya, karena prinsipnya adalah dari kesengsaraan akan timbul ketekunan, dari ketekunan timbul tahan uji, dari tahan uji timbul karakter dan kita jalani saja.

Sejujurnya berat bagi kami untuk mengejar responden yang diberikan CBN, dan memenangkan mereka. Tapi sekali lagi, ini bukan tentang kita, it’s not about us, bukan tentang saya, bukan tentang CBN, saya melihat hal ini tentang Tuhan. Jadi walau terkadang enggan mengerjakannya, tapi kita tetap bantu juga.

Saya kenal CBN sudah cukup lama dan melihat gerakan CBN sangat memberkati sekali. Pak Mark dapat menangkap pesan menyambung generasi, dengan kaitannya dengan WPA, dan ABBG, sangat bagus sekali. Kemudian acara-acaranya Solusi, Obat Malam, Onecubed.tv, itu semuanya powerful sekali. Makanya saya pribadi melihat, apa yang bisa kami bantu untuk menolong CBN? Sehingga begitu dipercayakan responden, kami dengan senang hati melakukannya. Gereja kami tidak bisa melakukan, seperti apa yang dikerjakan CBN. CBN bisa menangani jiwa, bisa dikemas dalam bentuk tayangan, bisa dilihat banyak orang sehingga banyak orang bisa contact. Tidak ada orang yang mau menghubungi gereja, tapi CBN melalui media dapat dihubungi siapa saja yang bisa menjangkau siarannya. Dengan gereja mungkin orang sudah anti pati.

Pengalaman berkesan menjadi Mitra Jala adalah saat kami mendoakan responden wanita yang tinggalnya jauh dari Kota Bandung. Beliau sudah 7 tahun ingin punya anak, dan setelah kita doakan, dibimbing dan kita baptis kemudian dia langsung hamil. Puji Tuhan!

Saya pikir, melihat kekuatan yang dimiliki CBN, CBN perlu mendapat dukungan dari seluruh umat Kristen karena CBN juga sudah dikenal, sudah established. CBN memang bukan gereja tapi CBN lembaga yang justru membantu gereja. Harusnya gereja melihat hal ini dan semakin banyak gereja yang bisa terlibat, bahwa sudah seharusnya kita mendukung CBN karena jiwa-jiwa akhirnya dibawa kembali ke gereja.

Saya mengajak seluruh gereja untuk bisa menjadi Mitra Jala, mem-follow up jiwa-jiwa karena ini adalah Amanat Agung Tuhan, ‘Menjadikan semua bangsa muridKu’. Malah CBN membantu kita. Kenapa tidak kita mau mengulurkan tangan untuk kita bisa bergandengan tangan mewujudkan Matius 28:19-20 tersebut."

Anda dapat mendukung pelayanan CBN melalui pemberian donasi secara rutin setiap bulan atau Anda dapat menanyakan kepada kami, hal-hal yang belum Anda mengerti maka kami akan menjelaskannya kepada Anda. Cukup dengan mengisi kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Tuhan Memberkati.

Sumber : Data Mitra Jala CBN - 2012
Halaman :
1

Ikuti Kami