Rusia : Apple Itu Diktator!

Entertainment / 5 August 2012

Kalangan Sendiri

Rusia : Apple Itu Diktator!

Puji Astuti Official Writer
3727

Produk Apple yang dijual dengan harga selangit diluar Amerika, dipandang operator asal Rusia sebagai tindakan diktator. Pasalnya, penjualan perangkat Apple di negeri Paman Sam relative lebih murah ketimbang yang dijual diluar negeri.

Sebagai contoh, iPhone tanpa kontrak dengan operator di jual di AS seharga 650 dolar Amerika, tetapi di Inggris dijual seharga 790 dolar Amerika, terlebih di Rusia harganya mencapai 930 dolar Amerika.

Bahkan untuk pembelian iPhone dengan kontrak selama dua tahun dengan operator, di Amerika harganya hanya 200 dolar. Untuk itu operator Rusia, Mobile TeleSystem memandang kebijakan Apple tersebut sebagai tindakan dictator.

“Apple bertindak seperti layaknya dictator dimana mereka mengatakan inilah yang harus Anda lakukan atau Anda tidak mendapatkan iPhone. Apple terlihat sombong dengan mitranya di pasar besar,” demikian pernyataan Wakil Presiden MTS bidang pemasaran, Vasyl Latsanych yang dikutip detikINET dari Phone Arena, Rabu (1/8) lalu.

Namun kritikan tentang mahalnya harga gadget keluaran perusahaannya itu tidak digubris oleh Apple. Mereka beralasan bahwa Apple fokus kepada kualitas perangkat yang mereka jual.

Namun peringatan para patner pemasaran Apple tersebut harus menjadi bahan evaluasi produsen yang iPhone tersebut. Pasalnya di kuartal kedua tahun 2012 ini, Samsung berhasil berada di urutan pertama mengalahkan Apple dalam jumlah penjualan yang mencapai 32,6 persen dari market share. Sedangkan Apple di posisi kedua hanya dengan 16,9 persen market share.

Jika dilihat dari segmen pasar, memang Apple hanya menyasar pengguna kalangan atas, sebaliknya Samsung membuat strategi dengan menyediakan gadget untuk semua pasar. Hebatnya, produsen asal Korea Selatan itu berhasil mengalahkan dominasi Apple di pasar dunia smartphone. Jika Apple tidak melakukan evaluasi tentang hal ini, maka produsen yang terkenal dengan perangkat iPod dan iPhone tersebut bisa tumbang.


Sumber : Detik.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami