Mesir Kembali Membara, Ratusan Koptik Mengungsi

Internasional / 4 August 2012

Kalangan Sendiri

Mesir Kembali Membara, Ratusan Koptik Mengungsi

daniel.tanamal Official Writer
3247

Ketegangan diantara mayoritas dan minoritas di Mesir kembali membara. Inilah babak baru kekerasan yang mengatasnamakan agama terjadi pertama kali semenjak presiden Mohammed Morsi terpilih menjadi pemimpin di bumi seribu menara tersebut.

Kejadian dipicu persoalan sepele yaitu ganti-rugi sebuah kemeja yang terbakar diantara dua orang warga yang berlainan keyakinan membuat kericuhan pecah. Sekitar 100 keluarga Koptik mengungsi untuk menghindari amukan massa yang mengatasnamakan agama.

Buntut dari salah paham ganti-rugi diantara dua orang warga tersebut, beberapa perumahan umat Koptik dibakar, bahkan massa mencoba merusak sebuah gereja di desa Dahshur, Giza sekitar 40 km dari pusat Kota Kairo. Kesalahpahaman ini dinilai oleh beberapa pihak dimanfaatkan oleh sekelompok orang untuk memulai kembali kericuhan dengan wacana antar agama yang selama ini berangsur padam disana.

Polisi yang turun untuk menenangkan kericuhan tidak dapat banyak berbuat. Bahkan banyak pengamat menilai bahwa polisi terkesan membiarkan keadaan menjadi bertambah memanas. hal ini semakin menambah daftar panjang kepolisian Mesir yang lamban dalam menangani ricuh masyarakat yang berujung SARA. Dalam insiden ini belasan orang terluka termasuk dari aparat keamanan.

 


 

 

Sumber : asianews - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami