Dua Hal Tentang Tuhan Yang Perlu Anak Anda Ketahui

Parenting / 2 August 2012

Kalangan Sendiri

Dua Hal Tentang Tuhan Yang Perlu Anak Anda Ketahui

Puji Astuti Official Writer
6010

Tentu kita mengasihi anak-anak kita. Kita juga tahu bahwa Yesus juga mengasihi mereka, Yesus suka bermain bersama anak-anak bahkan menjadikan iman percaya mereka sebagai contoh dan perumpamaan bagi murid-murid-Nya. Dan tentu juga ingin anak-anak kita tahu bahwa mereka dikasihi oleh Yesus dan juga mengasihi Yesus.

Untuk itu, agar anak-anak kita tahu dan merasakan kasih Yesus itu ada dua hal yang perlu mereka tahu :

1. Anak-anak perlu tahu apa yang telah Tuhan lakukan.

Mari lakukan seperti yang telah di perbuat oleh pemazmur seperti yang tertulis di Mazmur 78:2-4

Aku mau membuka mulut mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari zaman purbakala. Yang telah kami dengar dan kami ketahui, dan yang diceritakan kepada kami oleh nenek moyang kami, kami tidak hendak sembunyikan kepada anak-anak mereka, tetapi kami akan ceritakan kepada angkatan yang kemudian puji-pujian kepada TUHAN dan kekuatan-Nya dan perbuatan-perbuatan ajaib yang telah dilakukan-Nya.

Ajak anak-anak untuk mengenal karakter Tuhan dan apa yang dilakukan-Nya melalui Firman Allah. Melalui berbagai kisah yang diceritakan dengan cara yang menarik, anak-anak akan mengenal karya Tuhan yang penuh rahmat dan kasih karunia. Anak-anak perlu mengenal Tuhan secara keseluruhan, hal itu akan mereka temukan dalam berbagai kisah di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. 

2. Anak-anak perlu tahu apa yang Tuhan katakan.

Hal ini adalah perintah Tuhan yang tidak lekang oleh waktu :

Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. ~ Ulangan 6:6-7

Jangan berasumsi bahwa anak-anak akan belajar dan mengerti sendiri apa yang menjadi perintah Tuhan. Mereka harus diajarkan untuk taat kepada Firman Tuhan. Hal ini adalah tanggung jawab yang harus diemban oleh orang tua, yaitu mengajarkan secara terus menerus kebenaran firman Tuhan hingga firman itu tertanam, berakar dan menghasilkan buat dalam kehidupan anak-anak.

Biasanya kita mengajarkan tentang Tuhan dengan membaca Alkitab, namun perlu kita ingat bahwa anak-anak adalah penyuka kisah. Buat mereka mengenal karakter Tuhan dengan menceritakan kisah-kisah di Alkitab. Namun perlu digaris bawahi, jadikan Tuhan sebagai karakter pusat atau utama dari kisah-kisah kita.

Percayalah, jika sejak kecil mereka telah mengenal karakter Tuhan melalui hidup orangtuanya, dalam pertumbuhan kehidupan mereka, pengenalan mereka akan Tuhan pun akan semakin bertambah.

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : http://ministry-to-children.com
Halaman :
1

Ikuti Kami