Tetap Positif Sikapi Perubahan Jobdesc Yang Drastis

Career / 1 August 2012

Kalangan Sendiri

Tetap Positif Sikapi Perubahan Jobdesc Yang Drastis

Puji Astuti Official Writer
4979

Apa yang akan Anda lakukan jika tiba-tiba jobdesc atau tanggung jawab dalam pekerjaan Anda bertambah atau berubah secara drastis? Anda tidak dipromosikan ataupun mengalami demosi, tetapi Anda diharapkan mengerjakan pekerjaan yang tidak berhubungan tanggung jawab Anda sebelumnya.

Menurut Al Coleman, Jr., penulis Secrets to Success : The Definitive Career Development Guide for New and First Generation Profesional, perubahan jobdesc adalah hal yang sering terjadi saat resesi, karena perusahaan sedang menghadapi krisis keuangan. Pengurangan pekerja mengakibatkan karyawan yang masih ada di dalam perusahaan harus mengambil tanggung jawab lebih.

Namun ada beberapa alasan perusahaan merubah jobdesc pegawainya. Pertama, kemungkinannya adalah perusahaan ingin melakukan test terhadap si pegawai apakah bisa mengemban tanggung jawab yang seharusnya, sebelum akhirnya dilakukan promosi secara resmi.

Kedua, jika perubahan jobdesc-nya adalah pengurangan pekerjaan, hal itu bisa jadi suatu pertanda bahwa pegawai tersebut gagal dalam tanggung jawabnya dan secara tidak langsung meminta pegawai tersebut untuk mengundurkan diri. Namun hal tersebut juga bisa menjadi sebuah tes.

Namun apapun alasannya, pegawai harus bisa menyikapi dengan benar perubahan jobdesc yang terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika hal ini terjadi dalam karir Anda :

Bicaralah dengan atasan Anda secara langsung

Tanyakan mengapa ada perubahan peran dan juga tanggung jawab, serta tanyakan bagaimana Anda bisa berkontribusi bagi perusahaan. Mengetahui alasannya adalah dasar untuk membuat strategi perubahan. Ingatlah untuk tetap ramah dan seprofesional mungkin.

Jadikan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang

Jika perubahan jobdesc terjadi karena performa kerja Anda menurun, mintalah kesempatan untuk memperbaiki diri dengan memohon pelatihan atau mentoring untuk membawa Anda kembali ke track. Namun jika perubahan terjadi karena perusahan sedang menerapkan strategi baru, pelajari kea rah mana strategi perubahan dan bagaimana Anda bisa memaksimalkan kemampuan Anda untuk berkontribusi.

Mintalah hadiah dari atasan Anda namun bukan jabatan baru ataupun uang

Karena pekerjaan dan tanggung jawab Anda bertambah, coba negosiasikan kepada pimpinan Anda kompensasi tambahan untuk Anda. Mungkin itu tambahan cuti, waktu makan siang yang lebih panjang, atau tambahan hari libur. Tetapi pastikan Anda peka terhadap apa yang terjadi pada perusahaan, jika kondisinya sedang sulit, sebaiknya tunda dulu pembicaraan tentang hal ini.

Jangan mengeluh

Hindari mengeluh tentang situasi atau menunjukkan sikap yang negative apapun keadaaannya. Usahakan untuk beradaptasi dengan situasi yang ada, karena mungkin atasan Anda juga tidak suka dengan keadaan perusahaan dan tidak bisa berbuat banyak.

Jaga sikap positif

Hal yang terpenting adalah menghadapi perubahan itu dengan sikap positif. Anda akan lebih kreatif dan berhasil jika memiliki sikap positif.

Cari tahu berapa lama situasi ini akan terjadi

Jika perusahaan dalam kondisi sulit, dan Anda harus merangkap pekerjaan tanpa jabatan baru ataupun kompensasi tambahan, maka mungkin Anda perlu memikirkan untuk mencari pekerjaan baru. Bahkan sekalipun Anda menyukai pekerjaan Anda, tetapi jika tekanan pekerjaan dan tanggung jawab terlalu besar, maka Anda tidak akan bisa produktif. Tetapi kembali lagi, jadikan hal ini sebagai langkah terakhir.

Baca juga : 

Seorang Pria Biasa

Forum JC : Dokumentasi Kopdar + Photo Hunting

Lima Langkah Sederhana Mencegah Penyakit Hepatitis A

Sumber : Forbes.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami