Hasil Penelitian: Rokok Sebabkan Infeksi Hepatitis Kambuh Kembali

Serba-Serbi Sehat / 30 July 2012

Kalangan Sendiri

Hasil Penelitian: Rokok Sebabkan Infeksi Hepatitis Kambuh Kembali

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
5071

Dari sebuah hasil penelitian diungkapkan, rokok dapat memicu kembali infeksi virus hepatitis pada hati. Resiko ini juga semakin besar kepada pasien yang pernah menjalani transplatasi hati. Menurut Dr Mamatha Bhat dari McGill University di Montreal, kondisi ini mungkin disebabkan oleh kandungan tembakau dalam rokok yang berperan menurunkan respon sistem kekebalan tubuh pasien.

Dari 444 pasien transplantasi hati di McGill University Center pada rentang tahun 1990 sampai 2004 yang diteliti, diambil kesimpulan bahwa rata-rata pasien perokok akan kembali terjangkit virus hepatitis dalam kurun waktu satu tahun, sedangkan mereka yang tidak merokok baru akan terjangkit virus hepatitis setelah empat tahun.

"Temuan kami menunjukkan bahwa munculnya kembali virus hepatitis mungkin lebih sering di antara pasien penerima transplantasi hati yang perokok aktif atau mantan perokok," kata Bhat yang risetnya dimuat dalam jurnal Liver Transplantation, seperti dikutip dari laman Kompas.

Bhat menambahkan, hasil studinya ini tidak berarti bahwa mereka yang merokok tidak diperbolehkan untuk melakukan transplantasi hati. Namun sebaliknya, para dokter diharapkan lebih waspada dalam memantau komplikasi pada pasien yang merokok. "Organ yang tersedia untuk transplantasi sangat jarang bahkan langka. Pusat Transplantasi perlu mengambil peran aktif dalam mengidentifikasi dan meminimalkan risiko bagi keberhasilan transplantasi hati," ungkap Bhat.

Bisa dikatakan bahwa hampir tidak ada hal yang baik dalam merokok. Selain merugikan diri sendiri, merokok khususnya di tempat umum juga akan merugikan kesehatan orang lain. Semoga hasil penelitian ini membuat orang-orang semakin peduli dengan kesehatan, salah satunya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok.

Baca juga :

Jika Aku Tua Nanti

Bunuh Diri jadi Jalan Keluar?

Billy Graham Berduka, Amerika Tak Malu Lagi atas Dosa

Sumber : kompas/vina cahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami