Tradisi Turun Temurun Pada Olimpiade

Nasional / 25 July 2012

Kalangan Sendiri

Tradisi Turun Temurun Pada Olimpiade

Lois Official Writer
3101

Pembukaan Olimpiade 2012 akan segera berlangsung dalam minggu ini. Olimpiade yang telah berlangsung selama berpuluh tahun itu merupakan ajang olahraga terbesar di jagat raya. Dan ternyata, di balik Olimpiade ini ada tradisi yang selalu dilakukan. Tradisi-tradisi menyangkut Olimpiade yaitu :

Slogannya Selalu Sama : Citius Altius dan Fortius

Tiga kata ini berasal dari bahasa Latin yang berarti lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih kuat. Inilah yang menjadi semangat para atlet dalam setiap laga untuk meraih kemenangan.

Obor Olimpiade

Obor adalah komponen penting dan selalu dinyalakan setiap kali Olimpiade akan berlangsung. Untuk tahun 2012, obor dinyalakan dari situs kuno Olympia Yunani sebelum dibawa estafet melintasi berbagai daerah, negara, hingga benua berbeda oleh orang-orang yang berbeda pula sampai akhirnya obor dinyalakan di arena stadion. Obor melambangkan sportivitas dan akan terus menyala hingga Olimpiade selesai.

Cincin Olimpiade

Sejak berlangsung pada 1896, Olimpiade jaman sekarang memang menggunakan beberapa simbol. Namun, pada 1914 dan sampai sekarang, Olimpiade menggunakan simbol lima rangkai cincin yang saling bergandengan. Kelima warna rangkaian cincin itu melambangkan lima benua. Biru melambangkan Eropa, hitam melambangkan Afrika, merah melambangkan Amerika, Kuning melambangkan Asia, dan hijau melambangkan Australia.

Janji Atlet

Sebagai tradisi selanjutnya, atlet akan menyatakan janji mereka yang dikenal sebagai Olympic Oath. Janji Atlet ini dilakukan sejak tahun 1920 sebagai ikatan antar atlet.

Semua rangkaian tradisi ini dilakukan sebagai semangat atas nama persatuan bangsa di seluruh jagat raya. Biarlah semangat ini terus dibawa sampai ke negara masing-masing sehingga dunia menjadi aman.

 

Baca Juga :

Cara Efektif PDKT Ke Mertua

Bongko Kopyor, Menyegarkan Tubuh Setelah Berpuasa

I Still Believe, Lagu Iman Seorang Jeremy Camp

Sumber : metrotv by loishoriyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami