Tragedi Olimpiade Muenchen 1972 Diperingati

Nasional / 24 July 2012

Kalangan Sendiri

Tragedi Olimpiade Muenchen 1972 Diperingati

daniel.tanamal Official Writer
3190

Tragedi serangan Olimpiade Muenchen 1972, yang menewaskan 11 atlet Israel masih menjadi kenangan dan memori akan pentingnya sebuah perdamaian yang diciptakan oleh kebersamaan antar atlet didalam Olimpiade. Untuk itu kemarin Senin (23/7) peringatan tersebut kembali diperingati oleh pengurus Olimpiade.

"Saya ingin memberi penghormatan pada 11 atlet Israel yang berbagi pemikiran mengenai perdamaian Olimpiade, yang diyakini bahwa Perkampungan (atlet) Olimpiade adalah tempat yang menyatukan banyak orang," ungkap Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Jacques Rogge disela-sela pidatonya untuk memberi penghormatan di perkampungan atlet tepat pada tugu perdamaian olimpiade.

Sebelumnya banyak pihak yang menginginkan bahwa peringatan tersebut harus dilakukan pada saat pembukaan Olimpiade. Namun Jacques Rogge menolaknya dengan alasan bahwa suasana upacara pembukaan tidak pantas untuk memperingati pembunuhan mengenang 40 tahun tragedi serangan Olimpiade Muenchen 1972, yang menewaskan 11 atlet Israel. "Kami merasa upacara pembukaan memiliki suasana yang tidak cocok untuk mengingat insiden yang sungguh tragis."

Hingga saat ini Otoritas Keamanan London terus memperketat pengamanan usai munculnya kekhawatiran kontingen Israel bahwa teroris yang kini diperkirakan berada di Eropa tengah merencanakan serangan terhadap para atletnya selama Olimpiade.





 

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami