Bongko Kopyor, Menyegarkan Tubuh Setelah Berpuasa

Entertainment / 24 July 2012

Kalangan Sendiri

Bongko Kopyor, Menyegarkan Tubuh Setelah Berpuasa

Lois Official Writer
3821

Di bulan Ramadhan ini ada satu makanan khas yang selalu ada dan hanya ada di bulan Ramadhan. Makanan yang berasal dari Gresik, Jawa Timur itu dinamakan bongko kopyor. Bongko Kopyor adalah bubur nangka yang dicampur dengan kelapa kopyor serta menggunakan sejumlah bahan baku tambahan seperti tepung terigu, pisang, santan, serta roti tawar.

Bongko kopyor ini antara lain bisa ditemui di Pasar Ramadhan kawasan Gresik Kota Baru (GKB). Menu yang mirip kolak itu selalu diserbu pembeli saat hadir di pasar dadakan bulan Ramadhan ini. Harganya sangat bervariatif, mulai dari Rp 4500 – Rp 5000 per bungkus.

Nama Bongko Kopyor sendiri diambil dari paduan kata ‘bubur nangka’ (bungka) dan ‘kelapa muda’ (kopyor). Menurut banyak orang, makanan ini diakui mempunyai khasiat memulihkan stamina tubuh mereka yang berpuasa. Namun, tidak diketahui bagaimana awalnya makanan ini bisa ada.

Bongko Kopyor memang mempunyai tempat di hati para pembelinya. Sajian makanan tradisional asli Gresik itu mirip ‘botokan’ karena dibungkus menggunakan daun pisang. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati makanan ini karena hanya ada di bulan Ramadhan saja.

 

Baca Juga :

Cara Efektif PDKT Ke Mertua

Beli CD Hip Hop Rohani The Messenger Di Jawaban.com

Ikuti Kopdar Forum Jawaban.com : Photo Hunting

Sumber : antaranews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami