Cara Efektif PDKT ke Mertua

Marriage / 23 July 2012

Kalangan Sendiri

Cara Efektif PDKT ke Mertua

Lois Official Writer
6588

Pernikahan antar dua orang merupakan pernikahan antar dua keluarga. Penyatuan dua keluarga yang berbeda ini tentunya ada beberapa hal yang harus disesuaikan. Kita banyak mendengar bahwa seringkali mertua perempuan dengan menantunya kurang bisa cocok. WebMD, seperti yang dilansir wolipop.com, memberikan beberapa cara agar kita dapat membina hubungan yang baik dengan orangtua pasangan kita, yaitu :

Berpikirlah positif lebih dahulu

Anda belum bisa menghadapi mertua dengan pikiran bahwa mertua Anda tidak bisa berubah dan akan terus bersikap jelek kepada Anda. Coba pikirkan hal-hal yang positif ketika bersama mereka, bahkan ketika perlakuan positif itu ditujukan kepada orang lain.

Bertemu dengan pikiran tenang

Jangan temui orangtua pasangan dalam keadaan marah atau jengkel, apalagi karena mendendam kepada mertua. Anda akan menjadi lebih sensitif dan hal itu bisa berdampak buruk terhadap hubungan ke depannya.

Pikirkan pasangan dan anak

Jangan menyerah hanya karena beberapa kali berusaha namun gagal. Berusahalah hingga mertua bisa respek terhadap Anda. Setiap kali berusaha, ingatlah bahwa ini semua demi kebaikan semua, terutama pasangan dan anak Anda.

Banyak ngobrol dengan mertua

Mengapa? Mungkin mertua tidak kenal bagaimana Anda, itu sebabnya dia bertindak sembarangan. Namun, ada baiknya kalian saling mengenal dan membicarakan banyak hal. Dengan begitu, kalian menciptakan koneksi sendiri daripada hanya bergantung dari koneksi pasangan kepada orangtuanya.

Bersikap lembut dan penuh kasih

Anda bisa rencanakan pesta ulang tahunnya, memasak makanan favorit mertua, atau memberikan hadiah yang mereka inginkan. Namun, tentu saja Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu melalui pasangan, tentang apa saja yang disukai ataupun tidak disukai mertua.

Hormati hak dan suara mertua

Orangtua pasti selalu menganggap anaknya seperti anak kecil, meskipun anaknya sudah berumah tangga. Ada kalanya, orangtua pun tidak setuju dengan keputusan yang telah kalian ambil. Namun, sebenarnya mereka merasa bahwa mereka punya hak di situasi tersebut. Hormatilah suara mereka tanpa mengorbankan pilihan kita sendiri. Cobalah cari cara yang terbaik untuk itu.

Dan terakhir, jadilah diri sendiri

Ingatlah, jangan pernah bermuka dua ataupun bertingkah seperti orang lain jika itu memang bukan Anda. Jadilah diri sendiri dalam menghadapi mertua. Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan. Mungkin mertua Anda suatu hari akan menemukan kekurangan Anda tapi berusahalah untuk memperbaikinya. Namun, mereka pun akan mendapatkan kelebihan Anda. Dengan menjadi diri sendiri, Anda pun tidak akan punya beban untuk selalu tampil sempurna.

Pada dasarnya, kita manusia diciptakan untuk bersosialisasi, termasuk kepada mertua. Jika kepada orang yang tidak dikenal saja kita mau berusaha untuk berkenalan dan akrab dengannya, apalagi kepada mertua, yang notabene merupakan orang penting bagi pasangan kita. Itu berarti bagi kita juga. Jadi, berusahalah sebaik mungkin.

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami