Gereja Katolik Roma Beri Penghormatan Kepada Para Martir Kristen

Internasional / 20 July 2012

Kalangan Sendiri

Gereja Katolik Roma Beri Penghormatan Kepada Para Martir Kristen

Budhi Marpaung Official Writer
7122

Sebuah gereja di Roma awal bulan ini membuka acara peringatan terhadap para martir Kristen zaman modern yang telah memberikan hidup mereka untuk membantu orang lain. Inisiatif ini pertama kali dimulai oleh Yohanes Paulus II pada tahun 1993.

"Anda hidup melalui periode yang sulit. Kami berdoa untuk Anda. Darah para martir tidak akan tertumpah sia-sia," ujar Pastor Angelo Romano dari Basilica of Saint Bartolomew.

Beberapa martir yang diperingati di acara ini antara Raghi Ghani -  seorang pendeta Kristen Kaldea yang dibunuh di Mosul pada tahun 2007 - , para korban sipil penganiayaan rezim Komunisme Polandia, dan para korban perang sipil Meksiko dan Spanyol serta Nazisme.

Batu yang digunakan untuk mengenang Pastor Jerzy Popieluszko, pendeta dari gerakan Solidaritas di Polandia yang dibunuh oleh polisi rahasia pada tahun 1984 dan dibuang ke dalam sungai, merupakan tambahan terbaru di acara ini.

"Gereja ini penting karena mengandung ratusan peninggalan para martir," ungkap Pastor Andrzej dari Society of Christ for Polish Immigrants.

Untuk diketahui, acara ini sudah dikunjungi oleh beberapa selebriti, termasuk penyanyi pop Sinead O'Connor, yang menyatakan pada kunjungannya bahwa adalah penting "untuk mengingat mereka yang telah berkorban begitu mahal sebelum kita." Artis yang dikenal kritis terhadap Vatikan karena sikap konservatif terhadap gay dan isu-isu perempuan tersebut terlihat menyalakan lilin di gereja, lapor AFP.

Salah satu stand yang cukup banyak didatangi orang adalah stand Suster Leonella Sgorbati, seorang biarawati Italia yang tewas ditembak di Mogadishu pada 2006 bersama dengan supirnya yang adalah seorang muslim. Kata-kata terakhir suster itu adalah: "Pengampunan, pengampunan." Peringatan ini dipandang sebagai tanda perdamaian dan cinta antara orang Kristen dan Muslim.

Oscar Romero, Uskup Agung San Salvador, yang dibunuh saat merayakan misa pada tahun 1980 setelah berdiri bagi orang Kristen di negara ini, juga dihormati dalam acara peringatan ini.

Daftar lengkap tentang para martir yang diangkat oleh Basilica of Saint Bartolomew bisa Anda lihat di alamat situs berikut www.sanbartolomeo.org  .

Mengenang para martir sebenarnya adalah mengenang bagaimana mereka hingga kepada kematiannya tetap mempertahankan iman mereka kepada Kristus. Biarlah dengan melakukan ini, kita menjadi terpacu untuk semakin mengasihi dan setia mengikut-Nya.

Baca juga : 

Akibat Serius Dari Dosa 

Forum JC : Kopdar Photo Hunting

Dosa yang Tidak Terampunkan

Sumber : christianpost.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami