Cegah Golput, Kubu Jokowi Minta Pilkada Dipercepat

Nasional / 19 July 2012

Kalangan Sendiri

Cegah Golput, Kubu Jokowi Minta Pilkada Dipercepat

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2266

Demi mencegah bertambah banyaknya warga Jakarta yang mangkir dari pesta demokrasi penentuan gubernur DKI Jakarta, kubu pasangan calon gubernur Joko Widodo (Jokowi) -Basuki Tjahaja (Ahok) mengusulkan agar pilkada putaran kedua dipercepat menjadi 19 September.

"Kami mengusulkan agar hari pemilihan pada pilkada putaran kedua dipercepat menjadi 19 September," ujar salah seorang saksi dari kubu Jokowi-Ahok dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara seperti dikutip dari Antaranews, pada Kamis (19/7).

Sekretaris tim kampanye pasangan Jokowi-Ahok, M Sanusi, pengusulan itu dilakukan mengingat pada 20 September jatuh pada Kamis. "Dikhawatirkan banyak yang mengambil cuti dan kemudian bablas hingga akhir pekan. Umumnya masyarakat Jakarta lebih memilih ke luar kota dibandingkan menggunakan hak pilihnya," kata Sanusi yang memprediksi masyarakat tidak akan mengambil cuti jika pillkadanya jatuh pada hari Rabu.

Kebiasaan masyarakat yang memilih membuang hak pilihnya alias golput merupakan catatan buruk tentang kesadaran berpolitik masyarakat. Peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI, Siti Zuhro menyarankan agar pemerintah mau berkaca pada negara Australia  dalam hal pemilu. Menurutnya, di negara tersebut setiap warganya diharuskan untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu, jika tidak maka sanksi akan menanti mereka.

"Perkara dia mencoblos itu valid atau tidak, itu urusan lain lagi. Yang penting untuk meningkatkan partisipasi warga," jelas Siti seperti dikutip dari Detik News, pada Rabu (18/7).

Setiap warga yang membuang hak pilihnya selalu beralasan bahwa suara mereka tidak ada artinya. Hal ini merupakan bentuk apatisme yang dapat memperlambat perkembangan bangsa ini. Mari mengambil peranan dalam demokrasi bangsa ini dan berdoa untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Baca juga :

Lebih Senang Bersembunyi dan Mengulangi Kebohongan

Pengaruh Langsung Rokok pada Kecantikan

To Share, Diary Elektronik yang Memberkati

Sumber : berbagaisumber/vina cahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami