Mengaku Orang Pilihan dan Yakin Masuk Surga?

Mengaku Orang Pilihan dan Yakin Masuk Surga?

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
11986

Dan Raja itu(Yesus) akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.

Matius 25: 34

 

Di zaman akhir ini banyak orang mengaku dirinya umat TUHAN dan merasa yakin dirinya pasti diselamatkan dan masuk surga, tapi tidak sedikit juga orang yang bimbang apakah dirinya diselamatkan dan masuk surga walau mereka sudah percaya bahwa Yesus Kristus adalah Anak Tunggal Allah yang telah menjadi manusia dan kini duduk di sebelah kanan Allah Bapa.

Tidak sedikit dari orang Kristen yang masih bimbang kalau diperhadapkan pada pertanyaan apakah kamu kalau mati pasti masuk Surga. Padahal Tuhan Yesus sangat jelas berbicara kepada setiap orang bahwa Ia adalah jalan, kebenaran, kebangkitan dan hidup dan tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa tanpa melalui Dia. Ia juga dengan jelas berkata bahwa yang berkuasa untuk mengampuni manusia dari dosa adalah diriNya.

Tuhan Yesus sendiri tidak memungkiri kalau banyak orang yang bergabung dengan orang-orang benar (anak-anak terang) padahal sesungguhnya mereka tidak dikenal dan tidak mengenal Tuhan Yesus dengan benar. Banyak orang mengaku Kristen dan mengaku bahwa dirinya sudah diselamatkan walau perbuatan dan kehidupan mereka mendakwa diri mereka sendiri. Perbuatan-perbuatan mereka yang tersembunyi sering menentang dan menuduh mereka. Mereka menyangka TUHAN tidak melihat dan mereka mempermainkan kasih karunia TUHAN.

Sebenarnya Tuhan Yesus sudah berkali-kali memberikan ciri atau kriteria untuk membedakan mana orang benar dan mana orang fasik, membedakan mana orang yang mengasihi Tuhan dan mana orang yang munafik, mana kambing dan mana domba.

Bagi setiap orang Kristen yang mengaku dirinya pasti diselamatkan bisa mencocokkan dirinya dengan kriteria di bawah ini. Kriteria di bawah ini dipaparkan Tuhan Yesus sebagai ciri-ciri orang yang berbahagia dan bijaksana yang layak masuk Surga dan turut dalam kebahagiaan Tuhan.

 

  1. "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.” (Matius 5:3)
  2. “Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. (Matius 5:10)
  3. Bukan orang bijak dan pandai melainkan “orang kecil” (Matius 11:25)
  4. “Berbahagialah hamba yang setia dan bijaksana dengan memberikan makanan kepada orang-orang kepunyaan tuannya dengan tepat waktu” (Mat 24: 45-51)
  5. Seperti seorang gadis yang tetap memiliki minyak atau selalu mempunyai persediaan minyak bagi pelitanya sampai kedatangan mempelai (Mat 25:1-12)
  6. Seperti hamba yang baik, setia dan berguna bagi Tuannya yang menerima talenta tuannya dan menjalankan talenta tersebut hingga berlipat ganda (Mat 25: 14-30)
  7. Bukan seperti kambing melainkan seperti domba yang ada di sebelah kananNya. Dimana Sang Raja berkata bahwa mereka atau domba-dombaNya adalah orang-orang yang diberkati Bapa, dan yang mengasihi Yesus karena peduli terhadap salah seorang dari “saudara-Nya yang paling hina”. (Mat 25: 33-40)

 

Mungkin kita masih bingung dengan ketujuh ciri di atas. Kita masih bertanya-tanya seperti apa jelasnya yang dimaksudkan Tuhan Yesus dari ketujuh kriteria orang-orang yang berbahagia dan layak masuk surga serta menikmati kebahagiaan surga.

Setiap kriteria di atas dapat kita pelajari satu persatu untuk kita mengerti dengan baik dan benar. Karena itu pastikan setiap hari JC tetap mengunjungi page teaching.

Halaman :
1

Ikuti Kami