Jembatan Selat Sunda, Membabat Semua Masalah

Nasional / 15 July 2012

Kalangan Sendiri

Jembatan Selat Sunda, Membabat Semua Masalah

Lois Official Writer
3125

Jembatan Selat Sunda (JSS) yang akan dibangun untuk menghubungkan Pulau Jawa dengan Sumatera ini akan menjadi kebanggaan Indonesia. Pasalnya, jembatan ini akan menggerakkan sumber daya ekonomi antara kedua pulau tersebut. Hal ini dikarenakan, sekitar 81,3 % penduduk Indonesia berada di dua pulau ini.

Jembatan ini direncanakan akan beroperasi pada 2024 dengan panjang 29 km. Beberapa bagian di antaranya merupakan konstruksi gantung dengan rentang lebar 3.000 meter yang akan terdiri dari 6 lajur untuk dua arah. Selain sebagai jembatan utama untuk kendaraan bermotor, JSS juga akan mengakomodasi lintasan kereta api, jalur pipa gas, pipa minyak, dan jalur kabel listrik.

Menurut data PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), setiap hari hampir 3.000 truk, 200 bus, dan ratusan kendaraan pribadi menggunakan sarana angkutan penyeberangan kedua pulau ini. Angka ini melonjak tajam mendekati Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Kemacetan tak bisa dihindari, bisa terjadi antrean panjang berhari-hari dan ini punya banyak akibat buruk.

Komoditas pertanian akan mengalami kerugian karena buah-buahan, sayuran, dan makanan mengalami kerusakan. Selain itu, timbul juga pekerja seks komersil yang memanfaatkan situasi tersebut sehingga kesehatan menjadi lebih tidak terjaga. Belum lagi kapal-kapal yang sudah tua tapi masih beroperasi sehingga jarak tempuh yang dilakukan lumayan lama.

Berdirinya JSS akan membabat semua keruwetan yang ada. Namun, tentunya perlu ada pertimbangan akan ada lonjakan frekuensi transportasi darat dari Jawa dan Sumatera sehingga JSS yang dibangun haruslah benar-benar kuat. Bahkan, dengan adanya JSS, maka Jawa tidak perlu lagi membangun pembangkit baru. Cukup di Sumatera yang memang berlimpah batu baranya. Kita berharap pertumbuhan ekonomi khususnya dapat semakin maju. Tidak hanya di kedua pulau besar ini, namun juga di pulau-pulau maupun kota lainnya.

 

Baca Juga :

Berpuasa dengan Cara yang Sehat dan Aman

Film Ambilkan Bulan, Bangkitkan Indahnya Lagu Anak-Anak

Jawaban Seorang Anak Ketika Anjingnya Meninggal

Sumber : inilah by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami