Orang Kristen Dipaksa Tinggalkan Suriah

Internasional / 13 July 2012

Kalangan Sendiri

Orang Kristen Dipaksa Tinggalkan Suriah

Lestari99 Official Writer
4513

Orang Kristen Suriah yang terjebak di kota Homs yang terkepung berhasil dievakuasi pada hari Rabu (11/7) setelah menempuh jalur kesepakatan antara tentara dan pihak pemberontak lokal. Maximos al-Jamal, seorang imam Ortodoks Yunani yang terlibat dalam evakuasi tersebut mengatakan selama 24 jam terakhir lebih dari 100 warga sipil, termasuk 63 orang Kristen, berhasil lari untuk menyelamatkan diri.

Homs, kota terbesar ketiga di Suriah, merupakan kota dengan populasi Kristen terbesar, dan menjadi salah satu daerah yang paling sulit dimasuki sejak bangkitnya pemberontakan terhadap rezim Presiden Bashar Assad yang dimulai sejak Maret 2011. Kaum pemberontak menguasai beberapa daerah, yang telah memicu putaran serangan intensif oleh pasukan pemerintah dalam beberapa bulan terakhir. Banyak yang mengkuatirkan bahwa situasi ini akan terlihat seperti di Irak, di mana orang Kristen terjebak di antara pertempuran antara faksi-faksi Muslim yang bersaing.

“Orang bersenjata berkata kepada kami yang terkepung bahwa jika kami keluar dari wilayah ini, kami akan mati,” ujar Al Jamal kepada Associated Press, Rabu (11/7).

Bentrokan sporadis dengan pasukan pemerintah telah memaksa puluhan ribu orang Kristen melarikan diri dari tempat tinggal mereka ke daerah yang relatif aman yan dikenal dengan sebutan Lembah Orang Kristen, di luar kota Homs. Populasi orang Kristen mencapai 10 persen dari total populasi Suriah yang berjumlah 22 juta orang.

 

Baca Juga:

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami