Cara Berpuasa yang Sehat dan Aman

Gizi & Nutrisi / 13 July 2012

Kalangan Sendiri

Cara Berpuasa yang Sehat dan Aman

Lois Official Writer
4511

Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan puasa selama sebulan, namun berpuasa juga dilakukan oleh umat Kristen, meski tidak sama metodenya maupun waktunya. Tidak hanya itu, bahkan orang Budha maupun Hindu melakukannya. Karena itu, penting bagi kita semua untuk mengetahui bagaimana puasa yang benar agar tubuh tidak menjadi lemas tapi tetap bugar dan sehat.

Hindari Makanan yang Banyak Mengandung Gas

Menurut dokter penyakit dalam dari Divisi Gastroenterologi RSCM-FKUI, Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, Bahan makanan yang banyak mengandung gas dapat merangsang pengeluaran asam lambung dan hal ini sangat dilarang, apalagi bagi mereka yang mempunyai penyakit maag. Makanan yang banyak mengandung gas antara lain : makanan berlemak, sayuran seperti sawi dan kol, buah nangka, kedondong dan pisang ambon, serta minuman bersoda.

Hindari Makanan yang Banyak Mengandung Lemak

Makanan yang banyak mengandung lemak, akan membuat tubuh bekerja keras untuk mengolahnya. Hasilnya, tubuh menjadi cepat kehilangan energi.

Makanan Berserat Baik Dikonsumsi Saat Puasa

Makanan berserat ini sangat berguna apalagi sedang menjalankan puasa karena makanan ini mampu membuat tubuh menahan rasa lapar. “Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serta, sehingga rasa lapar juga datang lebih lama,” ujarnya.

Minum Air yang Banyak

Jika puasa yang dijalankan adalah puasa yang tidak makan maupun minum, maka sebelum puasa itu dilakukan baik sebelum ataupun sesudahnya, sangat dianjurkan untuk minum air yang cukup banyak agar tidak terjadi dehidrasi pada tubuh.

Makanan yang Tepat Setelah Selesai Berpuasa

Setelah berpuasa atau istilahnya berbuka bagi umat Islam, maka pilihlah makanan yang ringan, berserat, manis serta mengandung cukup mineral, vitamin, dan karbohidrat. Karena itu, kurma merupakan salah satu makanan yang memenuhi standar tersebut. Menurut Ari, tiga buah kurma sudah cukup untuk berbuka.

Berpuasa memang berfungsi untuk hal-hal spiritual, meskipun ada juga yang memakainya sebagai suatu program kesehatan. Namun, apapun alasannya, kita perlu memperhatikan makanan yang kita konsumsi agar tubuh pun tetap sehat.

Sumber : antaranews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami