12 Fakta Menarik Seputar Olimpiade 2012

Nasional / 12 July 2012

Kalangan Sendiri

12 Fakta Menarik Seputar Olimpiade 2012

Lestari99 Official Writer
4261

Olimpiade 2012 yang akan diselenggarakan di London, Inggris, Britania Raya pada tanggal 27 Juli sampai 12 Agustus 2012 mendatang menyimpan beragam fakta menarik di baliknya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Tahukah Anda bahwa London dan Inggris menjadi satu-satunya kota dan negara yang menjadi tuan rumah olimpiade sebanyak tiga kali, yaitu di tahun 1908, 1948 dan di tahun 2012 ini.

2. Dalam acara pembukaan Olimpiade London 2012 yang dipandu oleh Danny Boyle dan Stephen Daldry diperkirakan akan disaksikan oleh 4 miliar umat manusia.

3. Kabel listrik sepanjang 200 km telah dipasang di terowongan bawah tanah yang panjang terowongannya mencapai 6 km.

4. Inggris yang terkenal sebagai negara pemerhati polusi berupaya mengurangi emisi karbon dalam pengiriman maupun pembuangan material selama proses persiapan pembangunan Olimpiade dengan menggunakan kereta dan tongkang. Cara ini pun sangat efektif untuk menguranti emisi karbon akibat pengiriman melalui jalan raya. Olympic Delivery Authority (ODA) menjadi pihak yang bertanggung jawab atas pengiriman dan pembuangan lebih dari 50 persen bahan material ini.

5. Inggris berhasil menyelesaikan pembangunan taman kota terbesar yang memakan waktu lebih dari satu abad. Taman yang luasnya lebih dari 100 hektar ini memiliki saluran air sepanjang 8 km dan cagar alam air dengan 500.000 jenis tumbuhan dan 2.000 kadal air di dalamnya.

6. Selama pembongkaran, 97 persen bahan material dikeringkan untuk digunakan kembali dalam pembangunan Olympic Park.

7. Area olahraga Olympic Park menggunakan sistem penghematan air sampai 40 persen dibandingkan gedung tinggi sejenis lainnya dengan cara mengumpulkam air hujan di atap untuk digunakan sebagai air siraman toilet.

8. Diperkirakan sebanyak 232 ton kentang serta 330 ton buah dan sayur akan dikonsumsi selama pertandingan olimpiade berlangsung.

9. Sebagai tuan rumah olimpiade yang yang berarti medapatkan pemasukan devisa yang sangat besar bagi negeri ini, Inggris memanfaatkan momen Olimpiade untuk regenerasi kota bagian London Timur. Sebanyak 75 pence dari tiap 1 poundsterling yang dikeluarkan untuk pembangunan Olympic Park akan digunakan untuk membantu regenerasi tersebut. Dengan demikian setelah olimpiade berakhir, daerah tersebut dapat memberikan banyak keuntungan dan kesehatan bagi masyarakat sekitarnya.

10. Sebanyak 2.818 rumah baru telah dibangun di Olympic Village.

11. Stoke Mandeville adalah tempat kelahiran dari gerakan paralimpiade modern – Mandeville adalah nama dari maskot Paralimpiade London 2012. Maskot Olimpiade London 2012 diberi nama Wenlock karena Baron Pierre de Coubertin yang juga merupakan penggagas olimpiade modern mendapat inspirasi dari pertandingan multisport yang diadakan di Staffordshire.

12. 26 cabang olahraga akan dipertandingkan di arena Olimpiade London 2012. Selain itu ada 20 cabang olahraga di program paralimpiade yang diselenggarakan secara bersamaan.

 

Baca Juga:

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami