Puasa

Kata Alkitab / 12 July 2012

Kalangan Sendiri

Puasa

Budhi Marpaung Official Writer
7008

Jadi berpuasalah kami dan memohonkan hal itu kepada Allah dan Allah mengabulkan permohonan kami. (Ezra 8:23)

Orang yang telah rela memilih untuk menjadi murid Yesus diminta untuk mengambil bagian dalam persekutuan penderitaan Kristus. Meskipun kita tidak dimaksudkan untuk mati di salib dan kembali menderita seperti Yesus di Kalvari, namun kita diminta oleh Allah untuk menyangkal diri, memikul salib, dan mengikut Dia. Puasa, dari bertahun-tahun bahkan sebelum Kristus, adalah simbol dari seseorang merendahkan dirinya untuk menunjukkan Tuhan bahwa ia tulus dalam mencari berkat Dewa. Puasa adalah persoalan serius, tetapi dapat didekati dengan motif yang salah.

Kitab Injil mengatakan kepada kita seperti apa puasa yang salah itu. Bangsa Israel membuat puasa ritual dan sering mengumumkan bahwa mereka sedang berpuasa di hadapan Allah. Meskipun mereka telah melakukan banyak penebusan dosa, Tuhan tidak terkesan ! Tuhan menjawab melalui nabi Yesaya dalam pasal lima puluh delapan, bahwa Dia tidak memerhatikan mereka karena mereka hidup sendiri bahkan ketika mereka sedang berpuasa. Mereka terus menindas pekerja mereka, bahkan saat mereka sedang berpuasa. Tuhan bertanya, apa gunanya berpuasa jika engkau terus berkelahi dan bertengkar? Jenis puasa seperti ini tidak akan pernah membawa kita kepada Allah. Mereka merendahkan diri lewat penebusan dosa dan menundukkan kepala. Mereka mengenakan kain kabung dan menutupi diri dengan abu, tetapi semua ini tidak dapat diterima kepada Allah.

Allah mengatakan kepada mereka puasa yang benar adalah berbagi dengan orang miskin dan lapar: menghentikan menindas pekerja dan mulai memperlakukan mereka dengan adil; memberi mereka apa yang mereka layak peroleh; menutupi dengan kain kabung dan abu sehingga yang membutuhkan dapat menerima pakaian dan tidak bersembunyi dari kerabat yang membutuhkan bantuan; berhenti bertengkar satu sama lain dan membebaskan mereka yang keliru dipenjarakan.

Alasan puasa sendiri masih tetap, seperti yang disebutkan oleh Allah. Kita puasa dengan hanya satu motif dan itu adalah untuk mencari Tuhan. Jika kita sedang berpuasa untuk mengesankan orang atau sebagai ritual atau tes kekuatan kehendak ini tidak akan pernah dapat diterima oleh Allah. Pasalnya, Allah tidak hanya mau mendengarkan permohonan dan permintaan Anda saja.

Berbagai Jenis Puasa 

Ada berbagai macam puasa: 

  • Puasa mutlak : Tidak makan atau minum dan perlu benar-benar mendengar suara Roh Kudus untuk melakukannya; 
  • Puasa normal : Tanpa makanan untuk waktu yang terbatas - satu sampai tujuh hari, dan kadang-kadang bahkan empat puluh hari, tetapi dengan air atau cairan; 
  • Puasa parsial : Diet terbatas seperti tidak minum teh, kopi, makanan-makanan lezat, makanan-makanan non-vegetarian, sarapan, atau tidak makan salah satu makanan di siang hari untuk periode waktu tertentu. 
  • Tidak tidur selama semalam dan menghabiskan hari itu di dalam doa. 

Mengapa Kita Harus Puasa 

Ada banyak alasan mengapa orang berpuasa dan berikut sejumlah alasan tersebut : 

1. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yakni agar menemukan wajah Tuhan di dalam kehidupan kita. 

2. Ingin mengambil sebuah keputusan penting dalam hidup. Yesus berdoa sepanjang malam tanpa tidur saat akan Dia membuat pilihan dari dua belas murid. Dia menyangkal diriNya keinginan normal untuk tidur. Pemimpin Gereja berpuasa saat ada tindakan disiplin yang perlu diambil dalam Tubuh Kristus di gereja. 

3. Membela keluarga atau bangsa atau bangsa-bangsa di hadapan Tuhan. Ratu Ester menggunakan wewenangnya untuk memerintahkan semua orang Yahudi yang sedang menghadapi penganiayaan dan bahkan kepunahan agar berpuasa. Saat mereka melakukan ini, mereka terbebas dari pemusnahan massal. Hari-hari ini, kita bisa menggunakannya untuk membela keluarga, bangsa kita atau bangsa-bangsa lain yang sedang menghadapi persoalan ke hadapan Tuhan. 

4. Mengusir roh-roh jahat. Ketika para murid Yesus tidak dapat membersihkan seorang anak dari roh jahat yang dimiliki anak itu, Yesus hanya sekali memerintahkan roh jahat untuk pergi, dan itu dipatuhi. Para murid bertanya kepada Yesus mengapa mereka tak bisa mengusir roh jahat tertentu ketika dalam nama Yesus. Yesus menjawab bahwa roh jahat ini roh jahat khusus dan jenis ini hanya dapat patuh apabila kita berpuasa dan berdoa.

Jadi, kesimpulan dari pelajaran hari ini : puasa merupakan suatu tindakan yang digerakkan oleh karena kerinduan kita akan Tuhan. Ini bukanlah ajang untuk memerkan diri. Ini adalah murni ibadah pribadi kita dengan Tuhan. Dan apapun jenis puasanya, fokus utamanya tetap Tuhan, bukan yang lain.

Baca juga : 

Uskup Katolik Akui Telah Menikah Dengan Pria Selama 14 Tahun

Forum JC : Kopdar Photo Hunting

Suara Alex Noerdin Mungkin Beralih ke Joko Widodo

Halaman :
1

Ikuti Kami