Amien Rais : Pancasila Jangan Disembah-Sembah

Nasional / 10 July 2012

Kalangan Sendiri

Amien Rais : Pancasila Jangan Disembah-Sembah

Lois Official Writer
2971

Amien Rais yang merupakan mantan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) memberikan peringatan agar bangsa Indonesia tidak menjadikan Pancasila sebagai agama bayangan atau agama semu. “Pancasila jangan dikultuskan. Pancasila jangan disembah-sembah. Pancasila jangan menggusur agama,” katanya saat menjadi pembicara di Seminar Nasional Empat Pilar Berbangsa yang diadakan Fraksi PAN MPR di Jakarta, Selasa (10/7).

Menurutnya, pada jaman Orde Baru melalui penataran P4, Pancasila seakan-akan menjadi agama bayangan, padahal hanya buatan manusia dan bukan wahyu Ilahi. Karena itu, ssekarang dia menegaskan bahwa seluruh bangsa Indonesia harus memahami Pancasila karena Pancasila merupakan ideology negara.

Selain itu, sosialiasi tentang Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945 juga sangat penting. “Tapi jangan lupakan empat pilar lainnya yakni lagu kebangsaan Indonesia Raya, Bendera Sang Saka Merah Putih, Sumpah Pemuda 1928 yakni Bahasa Indonesia, dan terakhir TNI-Polri,” tuturnya.

Lagu dan bendera merupakan simbol negara Indonesia. Indonesia bisa menjadi bangsa karena adanya bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia dan tak kalah pentingnya yaitu TNI-Polri yang merupakan pilar ketahanan berbangsa dan bernegara, menurut Amien Rais.

Perbedaan mungkin saja terjadi di antara penduduk bangsa Indonesia, namun jangan sampai hal itu membuat perpecahan di antara kita. Masalah-masalah yang saat ini dihadapi, biarlah itu tidak melunturkan persatuan dan kesatuan bangsa namun sebaliknya.

 

Baca Juga :

Jawaban Seorang Anak Ketika Anjingnya Meninggal

Deteksi Buah Berformalin, Berwarna Buatan, dan Berlilin

GlasBlassing Quintett

Sumber : antaranews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami