DPT Bermasalah, Pilkada DKI Jakarta Diminta Tunda

Nasional / 9 July 2012

Kalangan Sendiri

DPT Bermasalah, Pilkada DKI Jakarta Diminta Tunda

daniel.tanamal Official Writer
3861

Penyelesaian kasus Daftar Pemilih Tetap (DPT) hingga saat ini nampaknya belum menemui kejelasan yang berarti. Bahkan hingga H-2 saja keberadaan 900 ribu - 1,4 juta DPT fiktif masih terkatung-katung dan belum jelas mekanisme penyelesaiannya. Untuk itulah beberapa suara menghendaki agar pemilihan kepala daerah (Pemilu Kada) DKI Jakarta ditunda.

"Kami minta agar Pemilu Kada diundur, DPT-nya masih amburadul,” begitu kata Anggota tim kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Alex Noerdin-Nono Sampono, Fatahillah Ramli yang meminta Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta (KPU DKI Jakarta) untuk menunda Pemilu Kada DKI Jakarta, saat rapat pleno terkait hasil sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di kantor KPU DKI Jakarta, Senin (9/7).

Seperti diketahui bahwa, jika DPT belum terselesaikan maka sekitar 13% hingga 20% suara yang dihasilkan pada Pilkada DKI 11 Juli nanti adalah suara siluman. Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePi) Jeirry Sumampouw juga meminta penundaan Pilkada. "Kenapa tidak ditunda saja. Sudah banyak persoalan di Pilkada. Satu bulan saya kira cukup realistis, ya setelah Lebaran," ungkapnya, di Jakarta, Senin siang.


Namun Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini berpandangan beda. Menurutnya kisruh DPT tidak bisa menunda Pilkada11 Juli 2012. "Tahapan Pilkada DKI Jakarta sudah sangat jauh prosesnya. Kalau ditunda, konsekuensinya akan terlalu besar. Tidak ada peraturan yang menjelaskan hal tersebut, baik undang-undang, peraturan pemerintah, maupun peraturan KPU," ujarnya.

DPT adalah unsure vital dalam pemilihan. Ketidakjelasannya akan membawa hasil yang tidak dapat dipercaya bagi setiap pemenanganya. Untuk itu KPU harus segera menyelesaikan problem ini secara kilat sebelm 11 Juli nanti. Dan jika tidak mampu, ada baiknya Pilkada ditunda agar keadilan dan transparansi terjaga.

 

Baca Juga :

David Cook Ajak Regina Idol Manggung Bareng

Afrika Hadapi Tindak Ekstrimisme yang Meningkat

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami