Persiapan Diri Untuk Pekerjaan Selanjutnya

Career / 6 July 2012

Kalangan Sendiri

Persiapan Diri Untuk Pekerjaan Selanjutnya

Budhi Marpaung Official Writer
4750

Jim telah memperkirakan berita penutupan perusahaannya, tapi ketika pemberitahuan resmi datang, dia terkejut dengan campuran perasaan yang menyerangnya. Ketakutan, sejauh ini, adalah emosi terkuat. Sudah lima belas tahun sejak dia mencari pekerjaan, dan pekerjaan lamanya berada dalam sebuah industri yang sedang dalam kesulitan. "Apa yang harus saya lakukan? Kemana saya pergi?" Tanya dia.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda mencari pekerjaan (atau berpikir Anda segera mungkin melakukan), apakah Anda:

  • Masih ragu bagaimana mengidentifikasi jalur karir baru atau pilihan pekerjaan yang terbaik?
  • Khawatir bahwa Anda mendapatkan pekerjaan salah?
  • Bertanya-tanya apakah ada sejumlah jenis pekerjaan yang besar di luar sana tapi Anda belum temukan hari-hari ini?

Tips Cepat untuk Menentukan Pilihan Terbaik Bagi Pekerjaan Anda

1. Ambil pandangan yang segar akan kemampuan Anda. Buatlah daftar keahlian terkuat Anda yang mana keahlian itu telah teruji dan berkembang baik dalam pekerjaan yang dibayar atau pun sukarela. Untuk membuat daftar Anda ini, lihat kembali resume Anda, deskripsi pekerjaan terakhir, dan atau data dari lembaga pengembangan diri yang pernah menguji Anda. Setelah Anda mengumpulkan daftar Anda, tandai keterampilan yang pernah Anda gunakan yang paling Anda nikmati.

2. Identifikasi jabatan yang terkait dengan pekerjaan yang pernah Anda lakukan. Memang belum cukup banyak lembaga atau pun laman-laman dunia maya yang memberikan layanan dimana Anda dapat menemukan bagaimana keahlian Anda dapat digunakan di sejumlah jenis pekerjaan lain. ChristianCareerCenter.com merupakan salah satu situs yang menyediakan hal tersebut. 

3. Kerjakan wawancara informasional untuk "uji kenyataan" target pekerjaan baru. Sebuah "wawancara informasional" hanyalah berbicara dengan orang yang melakukan jenis pekerjaan yang menarik bagi Anda. Untuk menemukan orang untuk diwawancarai, pikirkan tentang orang-orang Anda sudah ketahui - teman, anggota keluarga, orang-orang di gereja, mantan rekan sekerja, orang tua dari teman anak Anda, dll- dan daftarkan juga orang-orang yang melakukan atau mengenal pekerjaan yang menarik hati Anda tersebut. Internet, Yellow Pages, dan asosiasi profesional juga dapat menjadi sumber yang sangat membantu untuk menemukan orang untuk wawancara.

Dalam wawancara informasi Anda, tanyakan pertanyaan seperti: Apa kegiatan rutin pekerjaan Anda? Bagaimana Anda bisa terlibat di bidang ini? Apa yang paling Anda sukai dari pekerjaan Anda? Apa yang Anda kurang Anda sukai dari pekerjaan Anda? Apa saran akan Anda miliki untuk saya jika saya memutuskan untuk mengejar jenis pekerjaan ini? Wawancara informasional menyediakan cek realitas cepat, apakah pekerjaan ini bisa menjadi cocok, membantu Anda mempelajari keterampilan dan jenis pengalaman sangat berharga di lapangan, dan membangun jaringan kontak orang di lapangan.

4. Cari tahu pekerjaan dan industri yang paling cepat berkembang. Biro Statistik Tenaga Kerja AS menyediakan banyak informasi dalam Statistik Kerja Pekerjaan nya. BLS ini menyediakan statistik kerja untuk tahun terakhir dan proyeksi untuk masa depan. Sebagai contoh, beberapa industri diproyeksikan untuk memiliki pertumbuhan yang berkelanjutan adalah yang berkaitan dengan komputer dan internet, pendidikan, produk-produk makanan, dan pelayanan kesehatan.

Kekuatan dari Informasi Tepat 

Pemburu pekerjaan yang sukses memiliki informasi yang tepat tentang diri mereka sendiri (misalnya, mengetahui keterampilan mereka yang paling berharga dan akan diproyeksikan sebagai "pembuktian" mereka kepada majikan dengan contoh-contoh menarik) dan informasi yang benar tentang dunia kerja (misalnya, target pekerjaan yang sesuai dengan mereka terbaik dan industri yang tumbuh). Informasi yang baik dikombinasikan dengan strategi pencarian kerja yang efektif adalah kombinasi yang unggul.


Baca juga :  

Para Pelajar Pilihan Wakili Indonesia di Kompetisi Internasional

Berjalan Dalam Hidup Berkelimpahan

Forum JC : Kopdar Photo Hunting

Dukung Pelayanan Anak-Anak Jalanan Dengan Beli CD Musik The Messenger Disini

Sumber : cbn.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami