Berjalan Dalam Hidup Berkelimpahan

Kata Alkitab / 5 July 2012

Kalangan Sendiri

Berjalan Dalam Hidup Berkelimpahan

Budhi Marpaung Official Writer
13875

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan (Yohanes 10:10)

Saya yakin ayat Firman Tuhan  diatas bukanlah ayat yang baru Anda baca atau pun dengar. Mungkin juga ayat ini sudah berkali-kali sudah Anda pelajari. Bersamaan dengan semua yang Anda dapatkan itu, timbul pertanyaan di dalam pikiran Anda, ‘Mengapa tidak ada perubahan di dalam kehidupan saya?’ Mana janji kelimpahan yang Tuhan katakan di situ?’

Sebelum Anda menggerutu lebih dahulu kepada Tuhan dengan pertanyaan-pertanyaan diatas, ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu tentang rahasia hidup berkelimpahan yang Tuhan maksudkan berikut ini.

Rahasia Pertama, Anda tidak bisa hidup di masa lalu.

Tuhan berkata bahwa kita adalah ciptaan baru. Yang lama sudah berlalu dan yang baru sudah datang (2 Korintus 5:17). Kita melayani "Yang Maha Besar," bukan "Yang Pernah Maha Besar." Allah adalah Allah yang tinggal di zaman kita dari hari ke  sehari, memberikan kita kemurahan baru setiap pagi.

Jika segala tentang Tuhan adalah tentang kebaruan, mengapa kita sebagai manusia terus mencari diri kita terjebak dalam masa lalu kita? Kadang-kadang itu karena masa lalu kita adalah bingkai yang akrab referensi kita, dan apa yang akrab itu nyaman dan menyenangkan bagi kita. Apa yang sudah ada di depan, meskipun berpotensi luar biasa, tidak terlihat, tidak diketahui, tak tersentuh. Dan itu membuat kita takut. Kadang-kadang kita lebih memilih untuk tinggal dalam bayangan "masa lalu yang indah" daripada melangkah keluar dalam iman dan menciptakan hari yang lebih baik ke depan.

Tapi hidup di masa lalu memiliki kelemahan utama. Pertama, ketika kita hidup di masa lalu, kita cepat menjadi tidak puas dengan kehidupan kita saat ini. Bukannya bersyukur dalam segala hal, kita rewel, berharap akan yang seharusnya kita miliki. Dan tahukah Anda bahwa berharap akan apa yang dulu tidak bisa kita capai dapat menjadi hal yang berbahaya. Lihat saja Israel dalam Alkitab. Mereka secara ajaib diselamatkan dari Mesir, tetapi kemudian menghabiskan 40 tahun mengembara di padang gurun, bukan menikmati Tanah Perjanjian karena keluhan mereka, pola pikir lama mereka menahan mereka dari berkat Tuhan.

Ketika kita hidup di masa lalu, kita juga tidak bisa melihat kebaikan Tuhan di tengah-tengah kita. Naomi seru sekembalinya ke Betlehem, "Dengan tangan yang penuh aku pergi, tetapi dengan tangan yang kosong TUHAN memulangkan aku." (Rut 1:21). Naomi gagal untuk melihat bahwa meskipun ia kehilangan dua orang anak laki-laki, ia memiliki seorang menantu bernama Ruth, yang memutuhkan untuk menjadi teman Naomi disaat ia sedang membutuhkan pertolongan.

Naomi tidak "kosong” ! Yang benar itu adalah Allah telah mengirimkan Naomi seorang teman yang menyenangkan di saat ia mengalami kesedihan, tapi Naomi hanya bisa melihat masa depan yang suram tanpa makna karena dia tidak bisa melihat hal-hal itu bekerja membawa kebaikan dalam hidupnya. Seberapa sering kita melakukan ini ketika hidup tidak berjalan seperti yang kita harapkan! Kita menjadi lupa berkat sepanjang jalan.

Kedua, ini bukan tentang waktu Anda.

Apakah Anda pernah menunggu Tuhan untuk memberikan sesuatu yang tampaknya dimiliki orang lain? - Suami, bayi, mobil baru, promosi, pelayanan. Anda merasa seperti Anda telah menunggu cukup lama dan sekarang Anda merasa layak untuk mendapatkan apa yang dari Tuhan itu.

Tapi siapa yang mengatakan bahwa Tuhan harus melakukan sesuatu sesuai dengan jadwal Anda? Allah memiliki waktu-Nya. Sebagai anak-anak-Nya, kita telah mewarisi agenda harian-Nya.

Benar, jalan-Nya bukanlah jalan kita, tetapi jika kita meminta roti, apakah Dia akan memberi kita batu? Jika kita meminta ikan, akan Dia memberikan kita ular (Lukas 11:11)? Tidak, Tuhan memberikan hal baik kepada mereka yang memohon - hanya saja Ia tidak mungkin memberikan mereka dengan segera.

Dan menurut waktu Tuhan, itu sempurna bahwa istri Abraham Sarah punya bayi pada hari tuanya, bahwa Lazarus akan sembuh hanya setelah ia telah meninggal dan sudah mati selama tiga hari, dan bahwa Yesus - Anak Allah sendiri - menghabiskan 30 tahun belajar dan hanya sekitar tiga tahun dalam pelayanan.

Ketika kita tinggal dalam waktu Allah, kita tidak terikat oleh diri kita sendiri yang ditenggat waktu atau dipengaruhi oleh harapan yang tidak realistis dari masyarakat kita atau rekan kita. Kita bisa menikmati setiap saat dalam kehidupan tanpa harus tertekan. Kita bisa melalui kehidupan yang menyenangkan ketika orang lain berhasil karena kita tahu bahwa Allah tidak melupakan keinginan dan impian kita.

Dalam waktu yang sempurna Dia akan menjawab doa kita seperti kita menyenangkan Dia, seperti Firman Allah, "dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu." (Mazmur 37:4).

Dan terakhir, Anda tidak boleh membiarkan ketakutan mengatur Anda.

Tuhan tahu bahwa kita sebagai manusia bisa sangat terluka tentang hari-hari hidup kita, itulah sebabnya mengapa ada begitu banyak ayat dalam Alkitab yang menyatakan, "Jangan takut!" Alkitab memberitahu kita untuk membiarkan ketenangan Allah memerintah dalam hati kita (Kolose 3:15). Tuhan berkata bahwa Dia telah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan kekuatan, kasih, dan ketertiban (2 Timotius 1:7).

Pada saat-saat berbagai kehidupan kita, kita dapat membiarkan hati kita menjadi bermasalah, terutama ketika jaring pengaman kita telah mengancam - tantangan keuangan, perselisihan rumah tangga, ketidakamanan kerja, masalah kesehatan, perubahan situasi hidup, impian menjadi yang tampaknya lebih sulit dipahami daripada sebelumnya. Kami memiliki kecenderungan untuk melakukan apa yang Petrus lakukan ketika ia melangkah keluar dari perahu - kita fokus pada perairan dalam di bawah kita bukan penyediaan mengagumkan Yesus Kristus !

Kita lupa bahwa Penyokong kita, Yesus, adalah sama seperti kemarin, hari ini, dan selamanya (Ibrani 13:8). Meskipun kita mungkin tidak melihatnya dalam masa penuh gejolak dari kehidupan kita, kita harus ingat bahwa Tuhan memegang kendali. Dia akan menjaga kita dari jatuh (Yudas 1:24). Dia tidak akan memberi kita lebih dari yang bisa ditanggung.

Ketika kita hidup satu hari pada satu waktu, memahami bahwa Tuhan memberikan kursus kepada kita, dan membiarkan damai sejahtera-Nya tinggal dalam hati kita, hidup berkelimpahan adalah milik kita, tidak peduli apa usia, pangkat, keadaan, atau kegagalan kita.


Baca juga : 

Forum JC : Kopdar Photo Hunting

Cinta Uang Dapat Hancurkan Pernikahan Anda

Dukung Pelayanan Anak-Anak Jalanan Dengan Beli CD Musik The Messenger Disini

Sumber : cbn.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami