Minyak Mentah Dijarah, Indonesia Rugi Miliaran Rupiah

Nasional / 3 July 2012

Kalangan Sendiri

Minyak Mentah Dijarah, Indonesia Rugi Miliaran Rupiah

Lois Official Writer
2602

Data PT Pertamina EP menunjukkan bahwa Indonesia mengalami kerugian skala raksasa. Puluhan ribu barel minyak mentah dijarah, sebagian besar terjadi di wilayah Sumatera. Selama periode 2010-2011, kerugian ditaksir mencapai puluhan miliar. Penjarahan pun semakin tak terkendali di tahun ini.

Pada Mei 2012, kerugian akibat penjarahan di jalur pipa Tempino, Jambi ke jalur Plaju, Sumatera Selatan mencapai 39 ribu barel. Pada Juni 2012, jumlahnya menggila yaitu lebih dari 59 ribu barel. Anak usaha PT. Pertamina (Persero) di bidang eksporasi dan produksi itu mengaku upaya penanganan tindak kriminal di wilayah tersebut belum optimal.

“Tidak ada upaya konkret dari aparat penegak hukum untuk mengatasi aksi penjarahan itu. Pelaporan yang disampaikan belum berbuah tindakan nyata,” kata Manager Humas Pertamina EP, Agus Amperianto, seperti dilansir vivanews, Senin (2/7). Salah satu bukti tidak adanya upaya penegakan hukum, terlihat dari angka kerugian yang meningkat setiap bulan.

Akibatnya puluhan miliar rupiah lepas dari negara Indonesia. “Kerugian yang terjadi di dua wilayah tersebut secara kumulatif sudah mencapai lebih dari 100 ribu barel,” tuturnya. Tidak hanya menimbulkan dampak kerugian minyak mentah atau asset, tetapi juga menghambat kegiatan operasi dan merusak lingkungan.

Kita mengerti dengan sesungguhnya bahwa Indonesia mempunyai kekayaan alam yang begitu melimpah. Seringkali kita tidak menyadari bahwa kekayaan itu perlu dijaga. Bangsa kita sendiri butuh dana untuk mensejahterahkan rakyat jelata. Mari kita jaga sumber daya alam kita, pajak, sumber daya manusia yang terus diasah, semua hal yang dapat mendatangkan kesejahteraan buat negeri kita ini.

 

Baca Juga :

Dengan Membeli CD The Messenger = Jadi Berkat Bagi Anak Jalanan

Jika Cinta Pada Manusia Melebihi Cinta Pada Tuhan

Satu Pelajaran Berharga

Sumber : vivanews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami