Gereja Jepang Tolak Tenaga Nuklir

Internasional / 3 July 2012

Kalangan Sendiri

Gereja Jepang Tolak Tenaga Nuklir

Budhi Marpaung Official Writer
3393

Gereja Anglikan di Jepang telah menegaskan kembali penentangannya terhadap tenaga nuklir setelah krisis tahun lalu di pabrik Fukushima.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan baru-baru ini, Gereja Anglikan di Jepang (Nippon Sei Ko Kai) mengatakan bahwa bencana Fukushima menyingkapkan tentang "sangat berbahayanya" pembangkit listrik nuklir.

Untuk diketahui, pada 2011 lalu pembangkit listrik nuklir Fukushima lumpuh total akibat gempa bumi dan tsunami yang melanda timur laut Jepang. Pada kejadian itu, pembangkit listrik nuklir Fukushima bocor dalam jumlah besar dan meradiasi ke daerah sekitarnya.

"Bukanlah sebuah hal yang berlebihan jika (apa yang terjadi setahun silam) ini dikatakan sebagai peringatan dari Allah kepada kita masing-masing yang telah gagal memperoleh pengetahuan yang cukup tentang tenaga nuklir dan paparan radiasi," ungkapnya.

"Tenaga nuklir membahayakan hidup yang diciptakan oleh Allah," lanjut pernyataan itu.

Walau Fukushima diatur sebagai alat Jepang untuk memimpin dunia pada beberapa dekade mendatang, Gereja setempat memperingatkan bahaya paparan radiasi bagi anak-anak dan generasi masa depan.

"Sebuah jumlah besar limbah radioaktif, tanpa teknologi pembuangan yang tepat, akan terus membahayakan kehidupan masyarakat untuk jangka waktu yang panjang. Selain itu, tidak ada yang bisa menyangkal bahwa adanya PLTN di negara seperti Jepang, yang tunduk terhadap gempa bumi, sangat mungkin menjadi penyebab krisis yang serius di masa depan."

Seruan ini sendiri mengikuti pernyataan dari uskup Jepang pada bulan Maret lalu di mana mereka mengatakan bahwa bencana gempa bumi 2011 telah "menghancurkan mitos keselamatan tenaga nuklir".

"Kami juga sangat meminta agar kita semua mengubah gaya hidup kita sendiri," kata mereka.

Gereja hadir di suatu bangsa bukan hanya sebagai tempat ibadah dan pembinaan iman umatnya, tetapi lebih dari pada itu gereja dipanggil untuk menyatakan kebenaran, menegakkan keadilan, dan memberikan jawaban bagi setiap persoalan yang ada disana. Tuhan Yesus telah menunjukkan teladannya tentang hal ini ketika Dia hadir ke dunia ribuan tahun silam, kini kita para pengikut-Nya sudah selayaknya mengikuti apa yang Dia lakukan tersebut. 

Baca juga : 

Forum JC : Mohon Masukan 

Tubuh Kurus, Kate Middleton Jadi Ikon Anoreksia

Dukung Pelayanan Anak-Anak Jalanan Dengan Membeli CD Musik The Messenger Disini  

Sumber : christiantoday.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami