5 Hal Utama Pengembangan Anak

Parenting / 24 June 2012

Kalangan Sendiri

5 Hal Utama Pengembangan Anak

daniel.tanamal Official Writer
7604

Pengembangan anak perlu dibina sejak usia dini. Hal ini bergantung juga pada pola asuh orangtua yang merupakan salah satu faktor pendukung pembentukan kreativitas anak. Terlebih dukungan keluarga yang harus merangsang anak untuk tertarik mengamati dan mempertanyakan tentang berbagai benda atau kejadian di sekeliling kita. 

Berikut adalah lima hal mendasar mengenai perkembangan anak yang mereka dengar, lihat, rasakan, atau mereka pikirkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Segi Sosial
Sikap orang tua dalam hubungan sosial dengan lingkungan merupakan suatu panutan utama bagi si anak. Ia akan meniru bagaimana sikap orang tuanya berbicara dan berinteraksi.

2. Segi Emosional
Anak-anak perlu tahu bahwa orang tuanya mencintai dirinya dan menekankan setiap orang punya rasa sayang. Hal ini penting agar ia pun mempunyai sikap yang sama terhadap teman-teman atau saudara-saudaranya.

3. Segi Intelektual
Disini kita harus melatih anak-anak agar mereka berani bertanya tentang apa yang tidak mereka mengerti. Kitapun harus mau mendengar dan menjawab sesuai dengan perkembangan intelektual mereka. Biarkan mereka berani mengutarakan opini, yang bila tidak sesuai dapat dilanjutkan dengan diskusi yang tidak bersifat menggurui.

4. Segi Moral
Nilai-nilai yang baik patut kita tanamkan sejak dini, karena nilai moral ini tidak dapat berkembang seperti layaknya perkembangan fisik. Anak-anak selalu mengambil contoh dari orang sekitarnya. Maka penting sekali bagi orang tua untuk instropeksi diri dan memperbaiki nilai-nilai moralnya sebelum anak-anak meniru.

5. Segi Fisik
Kebutuhan dasarnya merupakan gabungan dari makanan, perlindungan fisik, latihan dan istirahat. Untuk pertumbuhan fisik yang baik, dibutuhkan lingkungan kehidupan yang sehat disamping kebutuhan dasarnya.

 

 


Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami