Dubes Kristen Harapkan Kedamaian di Nigeria

Internasional / 24 June 2012

Kalangan Sendiri

Dubes Kristen Harapkan Kedamaian di Nigeria

Budhi Marpaung Official Writer
2677

Akibat bentrokan kelompok Muslim dan Kristen yang terus terjadi di negara bagian Kaduna dan sekitarnya, lebih dari 98 warga Nigeria dilaporkan telah meninggal dunia dalam seminggu terakhir ini.

Fakta diatas akhirnya mendorong Mary Lar, seorang wanita yang pernah menjadi Duta Besar Nigeria bagi Belanda, untuk berbicara di depan publik.

"Ini adalah hal yang sangat mengganggu," kata Lar.

Lebih lanjut perempuan bergelar profesor ini menyatakan permasalahan yang sekarang terjadi sebaiknya diselesaikan lewat jalur damai saja.  

"Saya tahu banyak pemimpin seperti Gandhi, Martin Luther, Nelson Mandela, yang telah mencapai begitu banyak dalam cara yang damai dan saya akan senang melihat itu," ujar Lar.

"Pendekatan ini harus kembali ditangani melalui cara-cara damai, karena apapun yang tidak dapat dicapai melalui perdamaian, tidak dapat dicapai melalui senjata," tambahnya.

Pada kesempatan itu juga, Mary Lar mendorong para kaum muda Kristen Nigeria agar jangan membalas serangan yang dilancarkan kelompok muslim tersebut.  

"Para pemuda kami, saya tahu menyakitkan terus diserang. Hal ini menyakitkan," paparnya.

"Tapi pada saat yang sama, Tuhan ingin melihat bagaimana kesabaran dan kualitas hati Anda," ungkap Lar. "Karena Firman Tuhan mengatakan tindakan mencabut nyawa adalah kekejian bagi Tuhan. Dan untuk mengambil hidup seseorang atau sekelompok orang bukanlah kehendak Tuhan."

Lar berharap kekerasan yang terjadi di Nigeria cepat berakhir dan siklus kekerasan yang menjerat negaranya dapat segera dipatahkan.

"Di sinilah kami terus memohon kepada mereka yang menjadi pelaku-pelaku kekerasan," katanya. "Agar mau menghentikan kekerasan yang ada demi kebaikan bangsa."

Tindakan-tindakan kekerasan tidak akan pernah dapat menyelesaikan secara tuntas permasalahan-permasalahan yang ada, sebaliknya itu akan semakin memperbesar persoalan yang sebenarnya bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama. oleh sebab itu, berharap apa yang menjadi seruan Mary Lar ini didengar kedua belah pihak yang bertikai sehingga kedamaian yang diidam-idamkan sebagian besar penduduk Nigeria  dapat terwujud dan jalannya kehidupan sehari-hari bisa cepat kembali seperti sedia kala. 

Baca juga : 

Kopdar Photo Hunting

10000 Reasons (Bless The Lord), Sungguh Syahdu

Forum JC : Berani Menjadi Single yang Unggul

Sumber : cbnnews / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami