Kelompok Salafi Larang Makan Tomat Salib

Internasional / 21 June 2012

Kalangan Sendiri

Kelompok Salafi Larang Makan Tomat Salib

daniel.tanamal Official Writer
6551

Terkadang kita akan tersenyum, bahkan tertawa melihat beberapa kelompok dengan fanatisme yang tinggi di belahan negara lain, mempersoalkan sebuah obyek yang berbentuk mirip dengan simbol dan tanda kekristenan. Seperti yang terjadi di Mesir, dimana kelompok Salafis melarang makan tomat karena berbentuk salib.

Larangan tersebut dipublikasikan oleh mereka didalam lama Facebook mereka sendiri. Mereka mengunggah sebuah foto tomat yang sudah dibelah tengah dengan bentuk bagian tengah ber-simetris seperti tanda salib (walaupun lebih terlihat seperti tanda “tambah +”). Dengan foto itu mereka menyerukan agar pengikutnya tidak memakan tomat, karena buah yang tergolong dalam jenis sayuran itu dianggap makanan kaum Kristen.

Disamping foto tomat itu terdapat tulisan “Dilarang makan tomat karena makanan itu adalah Kristen.” Dan beberapa penjelasan lainnya yang berbunyi bahwa tomat tersebut menyembah salib dan melambangkan Trinitas. Salah satu konsep yang sangat mereka tentang.

Seruan itu juga menginginkan agar para pengikutnya untuk menyebarkan foto tersebut, karena diberitakan seorang dari golongan mereka di Palestina mendapat penglihatan bahwa terdapat peringatan untuk melawan tomat tersebut. Juga sebuah peringatan bahwa siapapun yang tidak menyebarkan pesan tersebut sedang dalam kuasa iblis.

Postingan ini kontan saja membuat banyak pengguna jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg tersebut berang. Banyak yang berkomentar bahwa tindakan para kaum salafis salah kaprah dan terlalu mengada-ada. Namun ada juga yang memberikan penjelasan agar bisa menghormati keyakinan orang lain dengan tidak memeotong tomat sehingga hasil potongannya seperti bentuk salib.

“Kami tidak mengatakan Anda tidak bisa makan tomat. Kami meminta Anda tidak memotong tomat dengan (sedemikian rupa sehingga menunjukkan) bentuk salib,” begitu salah satu bunyi penjelasan tersebut.

 

Baca Juga:

Doa Para Suporter Ceko di Gereja, Mujarab!

Sedihnya, di Indonesia Kitab Suci saja Dikorupsi

Sri Sultan Siap Jadi Fasilitator Pemerintah dan Papua

 

Sumber : UCAN
Halaman :
1

Ikuti Kami