Euro 2012 : Inggris vs Ukraina 1-0

Nasional / 20 June 2012

Kalangan Sendiri

Euro 2012 : Inggris vs Ukraina 1-0

daniel.tanamal Official Writer
2888

Inggris akhirnya berhasil melaju ke perempatfinal Euro 2012, usai dalam laga terakhir di Grup D sukses mengalahkan tuan rumah Ukraina dengan skor 1-0, Selasa atau Rabu (20/6) dini hari WIB di Stadion Donbass Arena, Donetsk. Gol yang menjadi penghantar kemenangan Union Jack diciptakan Wayne Rooney pada awal babak kedua.

Diluar dugaan Ukraina yang membutuhkan kemenangan tampil dominant dan mengurung pertahanan Inggris yang dikomandoi Steven Gerrard. Serangan berbahaya terus diciptakan melalui Yevhen Konoplyanka dan Milevskiy. Jangkar Ukraina, Anatoly Tymoshchuk bermain begitu tangguh. Hal ini membuat Inggris hanya menciptakan beberapa peluang dari serangan baliknya. Babak pertama berakhir 0-0.

Inggris baru menemukan  sentuhannya pada babak kedua. Inisiatif mulai diterapkan pasukan Roy Hodgson ini setelah dibabak pertama, sayap Ashley Young dan James Milner tidak banyak berkutik. Hasilnya langsung terlihat, ketika meint ke-48, bola liar Steven Gerrard yang salah diantisipasi kiper Pyatov, dapat dimaksimalkan striker yang baru sala menyelesaikan skorsingnya, Wayne Rooney. Sundulannya berbuah gol dengan tanpa pengawalan sama sekali. Inggris memimpin 1-0.

Gol ini semakin membuat Ukraina tertekan. Mereka segera kembali mengurung Inggris. Beberapa kali pasukan Oleg Blokhin ini mendapat peluang emas. Salah satunya adalah ketika serangan balik cepat Ukraina yang dieksekusi Marko Devic ditepis oleh Joe hart, Bola melambung ke gawang Inggris yang kosong, namun sapuan cepat John Terry mampu membuang bola keluar dari gawang. Meski telah melewati garis gawang, wasit tidak mengesahkan gol. Pemain Ukraina protes, sang pelatih berang. Hampir saja publik Ukraina bersorak.

Beberapa peluang lagi hadir bagi kedua tim. Namun sampai wasit meniup peluit tanda habisnya permaian skor tidak berubah, 1-0 untuk kemenangan Inggris. Dengan hasil ini Inggris menjadi pimpinan Grup D dengan 7 poin, hasil dua kali kemenangan dan satu kali seri. Di perempatfinal, Inggris akan menghadapi runner up grup C Italia.

Sumber : Jawaban.com - Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami