Tegas, Pemerintah Vietnam Larang Iklan Rokok

Nasional / 20 June 2012

Kalangan Sendiri

Tegas, Pemerintah Vietnam Larang Iklan Rokok

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4265

Pemerintah Vietnam memberi contoh tegas tentang upaya mengurangi jumlah konsumsi rokok penduduknya. Selain menerbitkan undang-undang yang melarang merokok di tempat umum, kini pemerintah setempat melarang iklan rokok ditayangkan ke publik.

Undang-undang baru ini telah disetujui 440 dari 468 anggota parlemen pada Senin, 18 Juni 2012 dan akan segera diberlakukan pada Mei tahun depan. "Rokok menjadi barang ilegal bagi anak berusia di bawah 18 tahun," kata seorang anggota parlemen.

Ini merupakan kelanjutan dari serangkaian wujud konkrit larangan pemerintah Vietnam terhadap rokok yang sudah dimulai sejak 2010. Dengan tegas, pemerintah melarang warganya untuk merokok di tempat umum seperti sekolah, rumah sakit, gedung perkantoran, dan transportasi umum. Pemerintah juga menaikan pajak tembakau dinaikkan dan membatasi penjualan rokok.

Hal ini disambut baik oleh Kelompok Antimerokok Asia Tenggara (SEATCA), mereka bahkan undang-undang ini sebagai tonggak bersejarah dan penting bagi negara. "Kami sangat senang dengan perkembangan ini," kata Direktur SEATCA, Bungon Ritthiphakdee. Aturan ini sejalan dengan Konvensi WHO dalam Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau.

Menurut SEATCA, saat ini ada 15,3 juta perokok di Vietnam. Tembakau membunuh 40 ribu orang per tahun di Vietnam dan angka itu diperkirakan akan meningkat menjadi 70 ribu per tahun pada 2030.

Apa yang dilakukan pemerintah Vietnam ini sangatlah baik dan harus dicontoh negara-negara lain, termasuk Indonesia. Merokok adalah salah satu tindakan yang egois, karena selain merugikan kesehatan perokok itu sendiri. asap rokok juga akan merugikan kesehatan orang yang tidak sengaja menghirupnya.

Sumber : tempo/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami