Euro 2012 : Profil Timnas Perancis

Nasional / 6 June 2012

Kalangan Sendiri

Euro 2012 : Profil Timnas Perancis

Budhi Marpaung Official Writer
4293

Meski sudah ditinggalkan Zinedine Zidane, penampilan tim nasional Perancis di ajang internasional tetaplah mengagumkan. Lolos dari ajang kualifikasi Euro 2012 sebagai juara grup adalah bukti yang tidak terbantahkan.

Enam kali menang, tiga kali seri, dan satu kali kalah di fase kualifikasi adalah rekor yang cukup bagus bagi tim sekelas Les Blues. Namun begitu, hasil baik yang didapat ini tidak boleh membuat mereka menjadi santai atau besar kepala khususnya ketika berlaga di Euro 2012.

Berkaca kepada penampilan di 2004 dan 2008, tim asuhan Laurent Blanc ini harus tetap berkonstrasi penuh. Meremehkan tim-tim yang akan dihadapi akan menjadi blunder bagi mereka nantinya.

Jika melihat pemain-pemain yang dibawa ke Euro 2012, ada 3 pemain yang diprediksi menjadi tim inti ayam jantan. Pemain pertama yang dimaksud adalah Patrice Evra. Meski sudah tidak muda lagi, pria yang biasa beroperasi sebagai pemain belakang tersebut memiliki pengalaman cukup banyak di tingkat internasional. Hal inilah yang tentu akan menjadi modal baik bagi Perancis apabila menghadapi tim-tim besar sekelas Inggris atau pun Spanyol.

Pemain kedua adalah Franck Ribery. Kreator dan gelandang enerjik ini sudah tidak usah diragukan lagi kemampuannya. Umpan yang matang dan gocekan maut merupakan dua senjata Ribery ketika turun ke lapangan. Pemain terakhir yang diperkirakan menjadi pemain tim utama ialah Karim Benzema. Striker Real Madrid tersebut sudah terbukti memiliki kemampuan yang tajam dalam mencetak gol di tingkat klub. Apalagi, jika melihat pria berkepala plontos ini diketahui sebagai pemain tidak mudah kehilangan bola pada saat memegang kendali bola, tentu kredit lebih akan diberikan pelatih kepadanya.

Berbicara peluang, tanpa bermaksud mengecilkan, tetapi kans Perancis menjadi juara Euro 2012 tidak terlalu besar. Semi final sepertinya merupakan pencapaian tertinggi di ajang yang diikuti Perancis kali ini.  


Prestasi

Juara Euro Cup 1984, 2000


Skuad Resmi Perancis

Kiper: Hugo Lloris (Lyon), Steve Mandanda (Marseille), Cedric Carrasso (Bordeaux).

Bek: Gael Clichy (Manchester City), Mathieu Debuchy (Lille), Patrice Evra (Manchester United), Laurent Koscielny (Arsenal), Philippe Mexes (AC Milan), Adil Rami (Valencia), Anthony Reveillere (Lyon).

Gelandang: Hatem Ben Arfa (Newcastle), Yohan Cabaye (Newcastle), Alou Diarra (Marseille), Yann M'Vila (Rennes), Marvin Martin (Sochaux), Florent Malouda (Chelsea), Blaise Matuidi (PSG), Samir Nasri (Manchester City), Franck Ribery (Bayern Munich).

Penyerang: Karim Benzema (Real Madrid), Olivier Giroud (Montpellier), Jeremy Menez (PSG), Mathieu Valbuena (Marseille).

Sumber : Jawaban.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami