Euro 2012 : Profil Timnas Swedia

Nasional / 5 June 2012

Kalangan Sendiri

Euro 2012 : Profil Timnas Swedia

Budhi Marpaung Official Writer
3718

Sebagai salah satu negara di Skandinavia, Swedia memiliki sebuah misi khusus di Euro 2012 yakni membawa trofi Euro kali ini ke tanah Skandivia. Hal ini tentu sangat wajar mengingat sudah 20 tahun semenjak Denmark mengangkat Piala Eropa 1992, praktis sudah tidak pernah lagi ada piala yang tiba ke wilayah tersebut.

Jika melihat kekuatan keseluruhan tim yang ada maka apa yang menjadi target mereka bukanlah sesuatu yang mustahil.

Sang Arsitek, Erik Hamren, contohnya meski masih terbilang sangat muda dalam hal menangani tim nasional, tetapi kepiawaiannya membawa Rosenborg sebagai juara Liga Norwegia dua tahun berturut-turut (2008/2009. 2009/2010) menjadi bukti bahwa ia memiliki kualitas bagus dalam melatih.

Kemudian bila melihat skuad Swedia yang diikutsertakan di Euro ini dapat diketahui bahwa pemain-pemain yang dibawa merupakan pemain-pemain yang sudah memiliki segudang pengalaman internasional. Beberapa contoh diantaranya disini adalah Kiper Andreas Isaksson yang dikenal sebagai palang pintu terakhir PSV Eindhoven, lalu Olof Mellberg bek tangguh yang selama ini membela Olympiakos, terus ada lagi Kim Kallstroum pemain gelandang Lyon yang sangat piawai mengolah bola, dan terakhir Zlatan Ibrahimovic bomber Milan yang kuat secara fisik dan haus gol.

Bila berbicara peluang di Euro 2012, Swedia sangat mungkin membuat kejutan khususnya di Grup D yang juga dihuni oleh Perancis, Inggris, dan Ukraina. Lolos hingga ke final adalah sesuatu yang bisa saja mereka raih disini. Hanya diperlukan konsistensi dalam bermain dan mengikuti seluruh saran pelatih ketika di tengah-tengah lapangan hijau bila mau menuju ke tahap ini.

Prestasi di Euro

Semifinal Euro Cup 1992

Skuad Resmi Swedia

Kiper: Andreas Isaksson (PSV Eindhoven), Johan Wiland (FC Copenhagen), Par Hansson (Helsingborg) 

Bek: Mikael Lustig (Celtic), Olof Mellberg (Olympiakos), Andreas Granqvist (Genoa), Martin Olsson (Blackburn), Jonas Olsson (West Bromwich), Behrang Safari (Anderlecht), Mikael Antonsson (Bologna)  

Gelandang: Rasmus Elm (AZ Alkmaar), Sebastian Larsson (Sunderland), Kim Kallstrom (Lyon), Anders Svensson (Elfsborg), Pontus Wernbloom (CSKA Moscow), Samuel Holmen (Istanbul BB), Emir Bajrami (Twente), Christian Wilhelmsson (al-Hilal) 

Penyerang: Zlatan Ibrahimovic (AC Milan), Johan Elmander (Galatasaray), Tobias Hysen (IFK Gothenburg), Ola Toivonen (PSV Eindhoven), Markus Rosenberg (Werder Bremen).

 

Baca juga : 

Photo Hunting

Concert Launching "Positive Life" - The Messenger

Karena Tak Cinta, Aku Tak Pernah Layani Suamiku

Sumber : Jawaban.Com ? budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami