Euro 2012 : Profil Timnas Italia

Nasional / 3 June 2012

Kalangan Sendiri

Euro 2012 : Profil Timnas Italia

Budhi Marpaung Official Writer
7695

Kiprah tim nasional Italia di Euro - atau dulu masih memakai nama Euro Cup – dimulai pada tahun 1964. Ketika itu, Azzuri yang sudah cukup memiliki nama di pentas kejuaraan sepakbola sedunia diluar dugaan justru tidak lolos kualifikasi. Bahkan dalam sejarah Euro, Italia justru dapat dikatakan kurang begitu bersinar.

Tercatat bahwa Italia baru satu kali meraih Piala kejuaraan antarnegara-negara benua Eropa tersebut, yakni pada 1968 dimana yang menjadi tuan rumah kali itu adalah Italia. Selebihnya, tim dari Negeri Menara Pisa ini lebih banyak hanya mampu sampai ke babak grup dan Semi Final saja.

Pada Euro kali ini, secercah harapan untuk meraih trofi kedua diberikan oleh tim yang kini dilatih Cesare Prandelli kepada publik Italia. Bagaimana tidak, Italia yang masuk ke Grup C, meraih hasil hampir sempurna di fase kualifikasi – tak terkalahan dan memperoleh tiket ketika pertandingan masih menyisahkan dua laga lagi.

Kehadiran Andrea Pirlo sebagai pengatur serangan dan Gianluigi Buffon yang kuat di bawah mistar gawang menjadi kartu As bagi tim yang dikenal piawai memainkan strategi bertahan tersebut. Belum lagi, masuknya Mario Balotelli di dalam skuad Prandelli dipastikan semakin menambah kekuatan tim nasional Italia.

Untuk peluang di Euro 2012 sendiri, kans Italia melaju ke babak selanjutnya bisa dikatakan cukup berat mengingat disana dihuni tim-tim yang kualitasnya tidak berbeda jauh dari mereka seperti Spanyol dan Kroasia. Belum lagi, persoalan-persoalan dalam negeri yang kini sedang membelit mereka, tentu dapat mempengaruhi konsentrasi anak-anak Italia kala bertanding nantinya.

Meski agak terlalu dini mengatakannya, tetapi sepertinya Italia hanya akan mampu berbicara sampai di babak Grup C saja.

Prestasi

Juara Euro Cup 1968

Perkiraaan Skuad Italia di Euro 2012:

Kiper: Buffon (Juventus), De Sanctis (Napoli), Sirigu (Paris St. Germain);

Bek: Abate (Milan), Balzaretti (Palermo), Barzagli (Juventus), Bonucci (Juventus), Chiellini (Juventus), Maggio (Napoli), Ogbonna (Torino), Ranocchia (Inter); 

Gelandang: De Rossi (Roma), Diamanti (Bologna), Giaccherini (Juventus), Marchisio (Juventus), Montolivo (Milan), Thiago Motta (Paris St. Germain), Nocerino (Milan), Pirlo (Juventus); 

Penyerang: Balotelli (Manchester City), Borini (Roma), Cassano (Milan), Destro (Siena), Di Natale (Udinese), Giovinco (Parma).

 

Baca juga :

Photo Hunting 

Pesan di Balik Lagu Aku Percaya, Aku Berserah

Berdamai Dengan Teman yang Mengesalkan (Bagian I)

Sumber : Jawaban.Com ? Budhianto Marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami