Berdamai Dengan Teman yang Mengesalkan (Bagian I)

Career / 1 June 2012

Kalangan Sendiri

Berdamai Dengan Teman yang Mengesalkan (Bagian I)

Budhi Marpaung Official Writer
3373

Sebagai makhluk sosial, kita tidak dapat hidup sendirian. Kita memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhan kita sebagai seorang manusia. Oleh sebab itulah, kita akhirnya memutuskan bergaul dengan yang lainnya.

Namun harus diakui di dalam rangka pergaulan kita tersebut, kita menemukan ternyata ada teman-teman (baik yang di kantor maupun di dalam lingkungan rumah) yang ternyata begitu mengesalkan. Meski begitu, tidak perlu kuatir karena ternyata ada kiat-kiat untuk mengatasi orang-orang tersebut. Dan berikut ini caranya.

Si telat kronis

Indonesia katanya dikenal dengan orang-orangnya yang suka telat. Jika mau jujur, memang banyak orang yang kita jumpai dan juga dekat memiliki tipe seperti ini. Sebagai solusinya, cobalah atur waktu pertemuan jangan dengan tepat. Katakan pada teman Anda datanglah ke pertemuan tersebut pada waktu tertentu, tetapi jangan beritahukan bahwa waktu tertentu tersebut adalah waktu yang telah Anda percepat dari waktu yang sebenarnya.

Jika cara ini tidak tidak berhasil juga, segeralah ungkapkan perasaan Anda kepadanya dengan penuh ketegasan namun tak menghakimi bahwa Anda tidak menyukai kebiasaanya yang terlambat terus.

Teman yang superkompetitif

Teman tipe ini adalah teman yang suka pamer dengan apa yang ia raih di dalamnya. Ketika ada orang lain yang berbicara tentang prestasi, ia justru akan menggembar-gemborkan prestasi yang pernah dapatkan. Padahal, secara fakta sedikit apa yang ia omongkan tersebut adalah benar.

Untuk mengatasi hal ini, mulailah untuk tidak mengatakan di depan dia atau ketika ada dia tentang prestasi yang Anda capai. Bersamaan dengan itu, cobalah sharing bersama dia tentang tentang tujuan, keinginan dan kebutuhan sehingga dirinya tahu dimana harus menempatkan energinya.

Teman pelupa berat 

Jika tipe teman telat saja sudah mengesalkan, tipe yang satu ini jauh lebih menyebalkan. Bagaimana tidak, orang-orang pelupa berat kerap mengingkari janji di menit-menit terakhir.

Untuk mengatasinya, berbicaralah apa yang hendak akan kali berdua ingin lakukan secara langsung tanpa basa basi, misalkan, selepas kantor, Anda ingin teman Anda ikut minum kopi di kafe tertentu, bicarakanlah hal ini dengan teman Anda 1 jam sebelum waktu kantor berakhir. Jika ia menyatakan setuju, 15 menit sebelum kantor berakhir, ingatkan bahwa Anda berdua telah memiliki janji sore itu untuk minum kopi di kafe tertentu.

Baca juga: 

Dokumentasi Kopdar Mei 2012

Gereja Koptik Umumkan Kandidat Pengganti Paus Shenouda

Saat Kebenaran Pahit Itu Terungkap Dalam Pernikahan 

Sumber : okezone.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami