Hari Lanjut Usia, Jutaan Diantaranya Terlantar!

Nasional / 29 May 2012

Kalangan Sendiri

Hari Lanjut Usia, Jutaan Diantaranya Terlantar!

daniel.tanamal Official Writer
5013

Hari ini adalah Hari Lanjut Usia Nasional. Salah satu fakta yang harus tetap dilihat dan harus direnungi bersama adalah, sejauh mana perhatian pemerintah terhadap para Lansia di Indonesia? Menurut data Kementerian Sosial (Kemensos), masih ada sekitar 2,8 juta lanjut usia (lansia) yang hidup dalam kondisi telantar.

“Tidak mudah memang menangani lansia sebanyak itu, butuh waktu panjang dan program yang berkesinambungan untuk menuntaskan permasalahan yang dihadapi lansia,”ujar Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Aljufri dalam jumpa pers peringatan hari Lansia Nasional (HLUN) bertajuk “Lanjut Usia Peduli Membangun Harmoni Tiga Generasi” di Kantor Kemensos, Kamis (24/5).

Kini berdasarkan hasil sensus penduduk 2010, jumlah lansia secara keseluruhan mencapai 20 juta jiwa, sekitar 2,8 juta di antaranya hidup dalam kondisi telantar. Namun, baru 26.500 atau 10% lansia yang mendapat jaminan sosial karena minimnya anggaran yang tersedia. Namun, untuk menangani 2,8 lansia telantar itu sejumlah kerja sama dengan lembaga sosial tingkat nasional dan internasional juga dilakukan.

Salim menjelaskan, setidaknya butuh waktu empat hingga lima tahun untuk menuntaskan sekitar 20% permasalahan sosial yang dihadapi lansia. Pada tahun lalu, kata Mensos, baru sekitar 13.500 lansia terlantar yang mendapat jaminan sosial lansia. Sementara tahun ini meningkat sekitar 100% lansia yang dapat bantuan sosial. Dia menargetkan, pada 2013 sebanyak 100.000 lansia mendapat bantuan sosial.

Satu hal yang harus dicatat adalah, lansia pada 2012 ini berbeda dengan lansia era 1970-an. Jika pada masa lampau banyak lansia yang hidup menderita, berpendidikan rendah, dan kerap sakit, maka lansia era sekarang ini banyak pensiunan sehingga kelangsungan hidupnya lebih terjamin.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami