Menang 5 Kali Berurutan, China Samai Indonesia

Nasional / 27 May 2012

Kalangan Sendiri

Menang 5 Kali Berurutan, China Samai Indonesia

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2151

Tim tuan rumah China mempertahankan gelar juara Piala Thomas setelah pada final hari ini mengalahkan Korea Selatan dengan skor telak 3-0 di Wuhan Sport Complex Gymnasium Wuhan, China. Sejak pertandingan ini pertama digelar pada 1948, China telah merebut sembilan gelar juara.

Total tersebut sudah termasuk lima kali kemenangan secara berutan sejak kemenangannya di Jakarta pada 2004 sampai kemengannya pada tahun ini. Sebelumnya Indonesia pun pernah memegang piala kemenangan lima kali berurutan pada rentang waktu 1994 sampai 2002. Jika diakumulasikan secara keseluruhan, rekor China masih kalah dibanding Indonesia karena sampai kejuaraan edisi ke-29 pada 2012, Indonesia sudah merebut gelar sebanyak 13 kali.

Diberitakan sebelumnya, China membuka kemenangan lewat tunggal putra Lin Dan yang mengalahkan Hyun Il Lee, 21-14 dan 21-17. Usai pertandinga, juara Olimpiade Beijing 2008 ini juga mengaku bahwa pertandingannya dengan Lee Hyun Il bukanlah hal yang mudah. "Kami sudah sering bertemu dan kali ini Lee saya lihat sudah bermain jauh lebih baik dibanding sebelumnya, mungkin dia agak tegang karena tampil sebagai tunggal pertama," kata Lee kepada wartawan.

Kemenangan China selanjutnya diraih dalam pertandingan ganda pasangan Cai Yun/Fu Haifeng yang berhasil mengalahkan Yong Dae Lee/Sa Rang Kam dua set langsung walau di set kedua sempat berlangsung deuce, 21-16 dan 25-23.

Kemenangan ini dilanjutkan lagi saat pemain tunggal Cina, Chen Long berhasil menghadapi Wan Ho Shon tanpa kesulitan dan mencatat angka kemenangan 21-9 dan 21-13. Dengan hasil tersebut, dua partai tersisa, yaitu ganda Shen Ye/Hong Wei menghadapi Yoo Yeon Seong/Kim Ki Jung dan tunggal ketiga Chen Jin vs Lee Dong Keun tidak perlu lagi dipertandingkan.

Sumber : berbagaisumber/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami