Euro 2012 : Profil Timnas Portugal

Nasional / 26 May 2012

Kalangan Sendiri

Euro 2012 : Profil Timnas Portugal

daniel.tanamal Official Writer
4567

Berbekal skuad muda dan berprestasi, Portugal menjadi salah satu kandidat juara yang siap menebar ancaman. Para punggawa Selecção das Quinas kini dalam performa yang tinggi untuk melewati capaian manis mereka di Piala Eropa 2004. Meski kala itu kalah di Final, Portugal telah membuktikan kualitas emas mereka.

Siapa yang menyangsikan generasi emas Portugal saat ini. Ikon sekaligus kapten Christiano Ronaldo bersanding dengan talenta muda yang telah teruji seperti Luis Nani, Raul Meireles, Joao Moutinho dan Ricardo Quaresma. Dibelakang, Pepe, Bruno Alves dan Fabio Coentrao jadi jaminan rapatnya lini belakang. Muda, cepat dan lincah menjadi modal berharga Samba Eropa ini untuk menekuk lawannya.

Kehadiran Paulo Bento sebagai pelatih Seleccao memang menimbulkan pertanyaan, mengapa mantan pemain timnas yang belum berpengalaman ini didaulat menjadi pelatih. Namun hal itu dibayarnya dengan meloloskan Portugal ke Euro 2012. Bento berhasil menciptakan harmonisasi di ruang ganti dan mempercayakan Portugal diisi oleh talenta muda. Hasilnya Portugal menjelma menjadi tim dengan determinasi tinggi.

Peluang Portugal untuk menjuarai kejuaraan terbesar didaratan Eropa ini terbuka lebar, dengan syarat mereka mampu menjinakan rival mereka di Grup B yang menjadi grup neraka. Denmark, Jerman dan Belanda menjadi rintangan awal mereka. Jika lolos dari grup saja, mental bertanding mereka akan bertambah dan menjadi pelecut asa menembus final dan mengangkat piala.

Prestasi:

Runner-up Euro 2004

Semifinalis Euro 1984, 2000

Perkiraan Skuad Euro 2012:

Kiper: Rui Patricio (Sporting), Eduardo (Benfica), Beto (Cluj)
Bek:
Joao Pereira (Sporting), Bruno Alves (Zenit St Petersburg), Fabio Coentrao (Real Madrid), Pepe (Real Madrid), Ricardo Costa (Valencia), Rolando (Porto), Miguel (Braga)
Gelandang:
Carlos Martins (Granada), Joao Moutinho (Porto), Miguel Veloso (Genoa), Raul Meireles (Chelsea), Ruben Micael (Zaragoza), Custodio (Braga)
Striker:
Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Hugo Almeida (Besiktas), Helder Postiga (Zaragoza), Nani (Manchester United), Nelson Oliveira (Benfica), Ricardo Quaresma (Besiktas), Silvestre Varela (Porto).

Sumber : Jawaban.com - Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami