Panduan Pilih Sepatu Untuk Ibu Hamil

Fit & Charming / 23 May 2012

Kalangan Sendiri

Panduan Pilih Sepatu Untuk Ibu Hamil

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3639

Jika Anda merasa sepatu-sepatu kesayangan Anda menjadi tidak nyaman ketika Anda hamil, Anda tidak sendiri. Dalam sebuah riset yang dilakukan kepada 1.000 ibu hamil mengenai sepatu yang digunakan, ternyata tidak ada satupun yang menggunakan sepatu dengan cocok karena hanya memberikan sedikit dukungan untuk sepatunya. Hal ini disebabkan oleh penambahan berat badan dan perubahan hormon selama masa kehamilan bahkan membuat pembengkakan pada kaki ibu.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ibu hamil dalam memilih sepatu:

Sepatu Hak Tinggi

Tidak bisa dipungkiri, sepatu hak tinggi adalah salah satu andalan wanita untuk tampil cantik, namun jika dipaksakan hal ini akan berpengaruh buruk pada janin. Menurut para ahli, jika sang ibu merasa tertekan saat menggunakan sepatu tersebut, maka akan terjadi resiko jangka panjang pada kehamilan yang diakibatkan ketegangan pada pergelangan kaki dan juga ligamennya.

Saat menggunakan sepatu hak tinggi, betis akan mengencang dan meningkatkan tekanan terhadap lutut serta tulang punggung. Hal ini akan membuat resiko jatuh yang lebih besar sehingga akan membahayakan kondisi janin.

Jika masih ingin menggunakan sepatu hak tinggi, pilihlah sepatu dengan ketinggian 3 cm.

Sepatu Balet / Flip Flop

Walaupun rata, sepatu flat juga tidak bebas dari masalah. Jika tidak cermat memilih, sepatu yang terlalu datar juga tidak akan nyaman dipakai. Karena itu kita harus memilih sepatu dengan lengkungan kaki yang mendukung serta bagian tumit yang kuat untuk mencegah cedera.

Tips Tambahan

Selain memilih sepatu yang tepat, menurut The Society of Chiropodists and Podiatrist, agar tetap bisa memiliki kaki yang sehat selama kehamilan, ibu hamil perlu menghindari menyilangkan kaki atau tumit saat sedang duduk. Selain pastikan masih terdapat ruang setidaknya 1 cm antara ujung kaki dengan ujung dari sep.

 

Sumber : detiknews/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami