Euro 2012 : Profil Timnas Polandia

Nasional / 22 May 2012

Kalangan Sendiri

Euro 2012 : Profil Timnas Polandia

daniel.tanamal Official Writer
4223

Tentu sebagai salah satu tuan rumah (bersama Ukraina), Polandia tidak ingin melewatkan kesempatan langka menorehkan prestasi pada perhelatan akbar sepakbola di daratan Eropa tersebut. Ini kali kedua pasukan Biało-czerwoni atau si putih merah berlaga di Piala Eropa, setelah bermain pada Euro 2008 di Autria-Swiss.

Dilatih oleh Franciszek Smuda yang menggantikan Leo Beenhaker pada Oktober 2009, Polandia didominasi para pemain yang bermain diluar negeri hasil rombakan Smuda. Dirinya dikenal keras dan tanpa kompromi. Pemain yang ketahuan mengkonsumsi alkohol segera dicoret. Dirinya berhasil membangun Polandia yang disiplin dan spartan.

Beberapa pemain kunci Polandia adalah sang kapten Jakub Blaszczykowski yang berposisi sebagai gelandang serang, dan penyerang muda Robert Lewandowski. Keduanya bermain di klub Jerman Borussia Dortmund. Sementara itu kiper Arsenal Wojciech Szczesny menjadi jaminan aman Polandia dibawah mistar.

Berbicara mengenai peluang dalam Euro 2012 ini, perjuangan Polandia akan berat menghadapi Rusia, Yunani dan Ceko yang berada bersama di Grup A. Sulit untuk mereka juara, namun lolos ke perempatfinal saja sudah menjadi prestasi tersendiri bagi negara yang menelurkan pemain legendaris bernama Zbigniew Boniek dan Gregorz Lato.

Prestasi:

Juara III Piala Dunia 1974 dan 1982

Perkiraan Skuad Euro 2012:

Kiper: Fabianski (Arsenal), Szczesny (Arsenal), Tyton (PSV).

Belakang: Boenisch (Bremen), Glik (Torino), Perquis (Sochaux), Piszczek (Dortmund), Wasilewski (Anderlecht), Wawrzyniak (Legia Warsawa), Wojtkowiak (Lech Poznan).

Tengah: Blaszczykowski (Dortmund), Dudka (Auxerre), Adam Matuszczyk (Dusseldorf), Adrian Mierzejewski (Trabzonspor), Rafal Murawski (Lech Poznan), Eugen Polanski (Mainz), Obraniak (Bordeaux), Rafal Wolski (Legia Warsaw).

Depan: Brozek (Celtic), Kucharczyk (Legia Warsawa), Lewandowski (Borussia Dortmund), Sobiech (Hannover).

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami