Gerhana Matahari Cincin Lewati Indonesia Timur

Nasional / 19 May 2012

Kalangan Sendiri

Gerhana Matahari Cincin Lewati Indonesia Timur

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
5080

Jika Anda tinggal di Indonesia bagian Timur dan belum memiliki rencana untuk akhir pecan ini, jangan khawatir. Diperkirakan pada 20 Mei 2012 besok akan terjadi fenomena alam yang luar biasa berupa gerhana Matahari cincin pada saat Matahari terbit. Namun, menurut peneliti utama astronomi dan astrofisika LAPAN, Thomas Djamaluddin, tidak semua wilayah di Indonesia bisa melihat fenomena ini.

"Pada 20 Mei terjadi gerhana Matahari cincin yang melewati Cina, Jepang, Pasifik Utara, dan AS. Di Indonesia hanya wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua yang bisa menyaksikan gerhana sebagian saat Matahari terbit," kata Thomas, seperti dikutip dari liputan6, pada Rabu (16/5).

Ditambahkan Thomas, jika fenomena ini terjadi sangat singkat dan kurang lengkap. Kecilnya persentase gerhana ini bahkan membuatnya kurang disadari masyarakat. Puncak gerhana terjadi pada saat matahari terbit, namun hanya tiga persen saja piring matahari yang tertutup oleh Bulan dan berakhir pukul 06.38 Wita.

"Gerhana matahari cincin juga terjadi karena piringan matahari terhalang piringan Bulan sehingga terlihat seperti cincin," kata Thomas yang menambahkan gerhana cincin berikutnya pada 13 November 2012 tidak akan melalui Indonesia.

Negara lain yang juga menyambut datangnya gerhana ini adalah Korea Selatan. Institut Astronomi dan Luar Angkasa Korsel menyatakan negaranya akan bisa melihat gerhana Matahari sebagian pada Senin pagi waktu setempat. "Jangan melihat langsung ke Matahari, gunakan kacamata pelindung," ujar pernyataan resmi badan tersebut.

Setiap keindahan alam ataupun fenomena-fenomena yang terjadi menunjukan betapa hebat karya Tuhan pada dunia ini. Namun seindah apapun fenomena tersebut, kita sebagai manusia adalah karya terindah yang Tuhan ciptakan. Hargai dan syukurilah hidup Anda dengan terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan. Selamat berakhir pekan...

Sumber : liputan6/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami