Kotak Hitam Sukhoi Superjet 100 Ditemukan

Nasional / 16 May 2012

Kalangan Sendiri

Kotak Hitam Sukhoi Superjet 100 Ditemukan

daniel.tanamal Official Writer
4318

Akhirnya benda vital yang paling dicari oleh tim investigasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 yaitu kotak hitam telah ditemukan. Benda yang diharapkan memuat rekaman kejadian sebelum tragedi tersebut terjadi, ditemukan pada Selasa (15/5) malam.

"Memang benar kotak hitam sudah ditemukan oleh anggota tim Kopassus dan Federasi Panjat Tebing Indonesia yang melakukan pencarian. Kotak ini ditemukan berjarak 100 meter dari posisi ekor pesawat," kata Komandan Korem 061/Suryakencana Kolonel (Inf) AM Putranto saat dihubungi di Bogor, Selasa malam.

Kotak hitam tersebut telah diserahkan kepada Danrem sekitar pukul 21.00 WIB di posko kendali utama evakuasi korban di Balai Embrio Ternak, Cipelang, Bogor. Keberadaan kotak hitam begitu diperlukan untuk mengetahui pasti penyebab musibah tersebut. Meski kotak tersebut telah ditemukan, operasi pencarian jenazah korban masih terus dilanjutkan. "Operasi masih lanjut karena saat ini ada beberapa kantong jenazah yang akan dievakuasi dari atas menuju Halim," katanya.

Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa kotak hitam tersebut telah ditemukan oleh tim pencari pada hari ketujuh, Selasa (15/5/2012), sekitar pukul 21.00 WIB. Namun, hal itu dibantah, karena yang ditemukan adalah serpihan pesawat dan beberapa alat telekomunikasi.

Semoga dengan ditemukannya kotak hitam ini, tragedi Sukhoi dapat terpecahakan dan tabir misteri tersebut dapat terkuak untuk melihat setiap permasalahan yang muncul. Dengan begitu antisipasi dan pengalaman dalam penerbangan menjadi lebih aman dikemudian hari.

Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami