Seputar Kecantikan, Mana MITOS Mana FAKTA?

Fit & Charming / 16 May 2012

Kalangan Sendiri

Seputar Kecantikan, Mana MITOS Mana FAKTA?

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4363

Budaya negara-negara Timur seperti Indonesia memiliki banyak mitos yang terus diturunkan dari generasi ke generasi. Namun namanya mitos, kebenarannya pun patut dipertanyakan. Nah, berikut fakta dari beberapa mitos yang yang umum di masyarakat dan patut kita pahami agar tidak lagi terkecoh dengan kepercayaan-kepercayaan yang tidak memiliki dasar yang kuat :

Menyilangkan Kaki Bisa Sebabkan Varises
Duduk sambil menyilangkan kaki Anda tidak akan menyebabkan varises. Kevin Pinski, seorang dermatologis di Chicago mengatakan bahwa pembuluh darah sering muncul ke permukaan bagi mereka yang mempunyai kelainan genetik atau mereka yang mempunyai pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk berdiri dalam jangka waktu yang lama.

Posisi berdiri memaksa jaringan vaskular bekerja ekstra untuk memompa darah dari bagian kaki ke jantung. Selain itu, kehamilan serta terkena tekanan keras dari luar seperti terpukul bola tennis atau terbentur pintu mobil juga dapat menyebabkan varises.

Mencukur Rambut Akan Membuatnya Tumbuh Semakin Tebal

“Rambut yang belum dipotong tumbuh menuju ke satu titik, dan lebih tebal di akar daripada di ujungnya,” ujar Heather Woolery-Lloyd, seorang dermatologis di Miami. Ketika Anda mencukur rambut, Anda memotong akarnya. Bagian yang tebal akan tumbuh dan rambut akan terlihat lebih tebal, namun mencukur tidak akan merubah warna dan kepadatan rambut.

Kuku Kuning Karena Terlalu Sering Pakai Cat

Hal ini benar, walau begitu Anda tetap bisa memakai cat kuku sesuka hati dan menghindari perubahan warma pada kuku. Kuku memiliki pori-pori dan dapat menyerap pigmen warna yang terkandung pada cat kuku. “Warna yang lebih menyala, terutama warna merah mengandung lebih banyak pigmen sehingga lebih mudah menodai kuku Anda,” ujar Maria Salandra, pemilik Fitness Finger di New Jersey. Solusinya, kenakanlah pelindung kuku terlebih dahulu sebelum memakai cat kuku untuk mencegah kuku Anda menyerap pigmen.

Pori-Pori Bisa Dikecilkan
Sebenarnya adalah hal yang tidak mungkin untuk merubah ukuran pori-pori Anda, namun pori-pori bisa terlihat lebih kecil dengan bantuan putih telur. “Putih telur dapat mengencangkan kulit, memberikan kesan untuk pori-pori yang lebih kecil, namun efeknya hanya sementara,” kata Elizabeth McBurney, seorang ahli dermatologi di New Orleans.

Menyisir Rambut 100 Kali Sehari Dapat Buat Rambut Berkilau
“100 kali sisiran terlalu banyak, Anda justru akan melakukan kerusakan daripada membuatnya terlihat lebih baik,” jelas Christopher Mackin, pakar rambut di Salon Gil Ferrer, New York. Rambut akan menjadi pecah-pecah apabila Anda menyisirnya terlalu sering, namun sisiran lembut memang akan membuat rambut terlihat lebih bersinar dengan menyebarkan minyak alami rambut yang berada di kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat.

Jangan Cabut Uban, karena Bisa Tumbuh Lebih Banyak
Ini adalah mitos yang salah. “Bagaimana bisa 10 rambut baru tumbuh dari 1 akar?” Tanya Berkovitz. Mencabut rambut secara paksa hanya akan membuatnya tumbuh kembali.

Minum Banyak Air Putih Bisa Cegah Kulit Kering
Ini adalah mitos, karena yang membuat kulit tidak kering adalah minyak, bukan air. Meminum air dapat membantu organ vital berfungsi dengan baik, namun kulit Anda tetap bisa terlihat kering meskipun telah mengkonsumsi air yang cukup.

 

Sumber : berbagaisumber/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami