Dirut Dicopot, Penerbang Merpati Kompak Mogok

Nasional / 14 May 2012

Kalangan Sendiri

Dirut Dicopot, Penerbang Merpati Kompak Mogok

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3670

Seluruh pilot maskapai Merpati mogok terbang sebagai bentuk protes terhadap pergantian Direktur Utama (Dirut) PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati) oleh kementerian BUMN, demikian diungkapkan koordinator Komite Solidaritas Penerbang Merpati Nusantara Airlines, Kapten Eman Supritaman.

Menurut Eman, aksi mogok dimulai dari penerbang pesawat Twin Otter ,Cassa 212 dan MA 60  yang melayani rute perintis mulai tanggal 13 Mei Jam 00.00 WIB. "Aksi mogok dilakukan sampai dengan aspirasi kami didengar dan dipatuhi kementerian BUMN. Karena kami percaya bahwa jika dipaksakan Dirut baru maka kinerja Merpati menjadi buruk," kata Eman.

Dikatakan penerbang untuk pesawat dan Awak Kabin  yang melayani rute domestik dengan pesawat Boeing 737 akan melakukan pemogokan pada tanggal 14 Mei 2012. "Aksi Mogok ini akan segera diberitahukan pada hari Senin ke dinas Tenaga Kerja Jakarta Pusat pada pukul 09.00 WIB," ujarnya.

Diberitahukan sebelumnya, Sardjono Jhonny Tjitrokusumo dirut Merpati Airlines mendadak dicopot dari jabatannya dan digantikan oleh Rudy Setyopurnomo yang sebelumnya menjabat Komisaris Utama Merpati. "Ya, benar ada pergantian. Saya dipecat, bukan mundur," katanya Jhonny seperti dikutip dari antaranews, pada Senin (14/5).

Kendati masih belum paham akan penyebab pemecatannya. Jhonny menghimbau para pilot untuk membatalkan aksi mogok tersebut karena bisa berakibat fatal bagi perusahaan maupun bagi banyak orang. "Saya memohon, dan saya menghimbau, sebagai sesama penerbang maupun sebagai direktur utama di perusahaan ini, jangan melakukan tindakan-tindakan yang kontra produktif," kata Jhonny.

Aksi para penerbang Merpati membela pemimpinnya ini menunjukan rasa solidaritas yang sangat tinggi dalam perusahaan tersebut. Hal ini adalah sesuatu tidak mudah untuk dibangun sehingga harus terus dijaga. Agar tidak merusak kekerabatan ini, kementerian BUMN harusnya memberikan penjelasan mengenai penggantian direktur.

Baca Juga Artikel Lain :

Remaja Habiskan 200 Juta Untuk Nonton Pornografi

Kuasa Hukum HKBP Filadelfia: Ini Soal Hak Jalankan Ibadah

Tes Sikap Kepada Pembantu Ala Alkitab

Sumber : berbagaisumber/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami