Jaga Makanan Setelah Transplantasi

Gizi & Nutrisi / 11 May 2012

Kalangan Sendiri

Jaga Makanan Setelah Transplantasi

Lois Official Writer
3577

Transplantasi organ bisa terjadi pada saat ada salah satu organ yang rusak dan diganti. Syarat agar transplantasi ini bisa dilakukan adalah ada orang yang mau mendonorkan organnya dan organ itu cocok diterima oleh orang yang membutuhkan. Setelah melakukan pemindahan organ tersebut, biasanya dibutuhkan satu sampai dua hari untuk dilakukan perawatan intensif. Ada baiknya, setelah melakukan pencangkokan, gizi dan nutrisi yang diasup harus sangat diperhatikan.

Batasi Asupan Garam

Sebisa mungkin hindari penggunaan garam yang terlalu banyak di dalam makanan. Kalau perlu, tanpa penggunaan garam sama sekali, terutama bagi mereka yang baru menjalani beberapa minggu setelah pencangkokan.

Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Sinar matahari memang mengandung vitamin D, tapi sinar matahari di siang hari yang terlalu menyengat tidak baik untuk kulit, apalagi bagi mereka yang baru menjalani pencangkokan. Hal ini disebabkan mereka lebih mudah terkena kanker kulit.

Tidak Boleh Terlalu Banyak Mengkonsumsi Lemak

Menurut laman bacain.com, para pencangkok hati khususnya tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi lemak.

Jangan Makan Gorengan

Bukan hanya gorengan, tapi segala sesuatu yang digoreng, sebaiknya dihindari selama mungkin agar tidak terjadi implikasi apapun, saran Abdul Mukri yang juga pernah melakukan transplantasi hati. Sebaiknya, makanlah makanan yang dimasak dengan cara direbus saja.

Bagi pendonor hati, makanan yang perlu diperhatikan adalah kuantitas makanan yang harus dikurangi karena hatinya belum bisa bekerja maksimal, tidak boleh mengkonsumsi soda serta makanan yang mengandung bahan pewarna atau pengawet.

Yang pasti, hiduplah secara sehat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, makanan yang mengandung pengawet, makanan buatan yang dibuat dari bahan-bahan tidak alami, kurangi makanan yang kita tahu tidak baik buat kesehatan. Jagalah tubuh dengan makanan-makanan yang bergizi tinggi.

 

Baca Juga :

Siapakah Chinua Hawk?

Tujuh Cerita Untuk Memenangkan Sebuah Pekerjaan

Mitos dan Fakta Seputar Kesuburan

 

 


Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami